JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Pelantikan DPRD Sragen Dijadwalkan Tanggal 12 Agustus. Mayoritas Petahana yang Gagal, Tak Nampak di Halal Bihalal

Bambang Samekto. Foto/Istimewa
Bambang Samekto. Foto/Istimewa

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Pelantikan anggota DPRD Sragen terpilih untuk periode 2019-2024 dijadwalkan digelar 12 Agustus 2019 mendatang. Pernyataan itu disampaikan Ketua DPRD Sragen, Bambang Samekto di sela halal bihalal DPRD yang digelar Senin (24/6/2019) di DPRD.

“Jika tidak ada perubahan, pelantikan DPRD terpilih akan dilaksanakan 12 Agustus nanti. Itu jadwal dari Setwan,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM .

Pelantikan para wakil rakyat hasil Pileg 17 April 2019 itu nantinya akan digelar di DPRD. Pelantikan akan dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) setempat.

Di sisi lain, agenda halal bihalal yang digelar di DPRD kemarin agak sepi hadirin. Dari 45 anggota DPRD, ada sebagian yang tidak terlihat hadir.

Baca Juga :  Berikut Daftar 6 Warga Sragen Yang Positif Terpapar Covid-19 Hari Ini. Ada Bayi Berusia 1 Tahun dan Bocah 13 Tahun!

Termasuk sejumlah anggota DPRD petahana yang gagal terpilih kembali, juga tak nampak di acara halal bihalal. Seperti Sunardi, Subandono, Suharjo, Dwi Agus Setyani, Atik Sri Hartati, Heru Agus dan beberapa nama petahana gagal lainnya, tak hadir di acara rutin tahunan usai Lebaran itu.

“Yang jelas semua anggota sudah kami undang,” tutur Bambang.

Ketua KPU Sragen, Minarso sebelumnya mengungkapkan pleno rekapitulasi penghitungan suara hasil Pemilu baik Pileg dan Pilpres memang sudah selesai. Namun untuk penentuan dan penetapan Caleg terpilih nantinya masih menunggu pengumuman dari KPU RI.

Baca Juga :  Merdeka Banget, 2 Nenek di Sragen Ini Curi Perhatian Saat Asyik Ngobrol Berdua di Sawah Sampai Tak Sadar Ada Pejabat Penting di Hadapannya. Simak Jawaban-Jawaban Polosnya Soal Corona dan Pilkada!

“Kewenangan KPU kabupaten hanya melakukan pleno penghitungan suara. Sedangkan penentuan Caleg dan penetapan Caleg terpilih, kewenangan penuh ada di KPU RI,” paparnya.

Minarso menguraikan dari informasi sementara yang ia terima, penentuan dan pengumuman Caleg terpilih diperkirakan akan diumumkan pada bulan Juli mendatang.

Namun mengenai kepastian jadwal dan kapannya, tetap menunggu KPU RI. Terpisah, sebelumnya Sekretaris DPRD Sragen, Joko Saryono mengatakan untuk masa kerja DPRD 2014-2019 akan berakhir bulan Juli 2019.

Sedangkan pelantikan DPRD yang baru hasil Pileg 2019, diperkirakan akan dilaksanakan pertengahan Bulan Agustus 2019.

“Kemungkinan pelantikannya tanggal 12 Agustus 2019,” terangnya. Wardoyo