loading...
SBMPTN

JOGLOSEMARNEWS.COM – Mulai hari ini Senin (10/6/2019) hingga 24 Juni 2019, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi membuka pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019. Pendaftaran dilakukan secara online itu tidak dipungut bayaran alias gratis.

“Tidak ada biaya pendaftaran lagi,” kata Ketua Panitia Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo Widyobroto, Minggu (9/6/2019).

Peserta SBMPTN sebelumnya harus mengikuti ujian tulis berbasis komputer atau UTBK dengan membayar uang pendaftaran sebesar Rp 200.000. Mulai Senin, 10 Juni 2019 pukul 13.00 pendaftar SBMPTN bisa langsung mendaftar melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.

Tahapan pendaftarannya yaitu mengisi biodata, kecuali peserta yang sudah terdaftar di SNMPTN 2019. Kemudian memilih perguruan tinggi negeri (PTN) dan program studi pilihan. Ketentuannya, pendaftar dapat memilih paling banyak dua PTN dan memilih paling banyak dua program studi dalam satu atau dua PTN.

Baca Juga :  Jangan Ngaku Mahasiswa Kalau Belum Punya 5 Benda Keramat Ini!

Program studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Sains dan Teknologi (Saintek) dan kelompok Sosial Humaniora (Soshum). Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan. Peserta SBMPTN 2019 dapat memilih program studi di PTN mana pun.

Setelah itu pendaftar diminta mengunggah dokumen lain sesuai dengan persyaratan pendaftaran SBMPTN 2019. Khusus bagi pendaftar yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah borang portofolio.

Baca Juga :  Mahasiswa FKOR UNS Torehkan Prestasi dalam Ajang Lima

Jenis portofolio SBMPTN 2019 mencakup portofolio olahraga, seni rupa, desain, dan kriya, tari, teater, musik, seni karawitan, etnomusikolgi, fotografi, dan portofolio film dan televisi.

www.tempo.co