JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Tiga Mahasiswa Unibraw Ini Berhasil Ciptakan Energi Listrik dari Limbah RPH

Tempo.co
   
Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Satu lagi kreasi mahasiswa mampu membawa kemanfaatan bagi lingkungan hidup.

Tiga orang mahasiswa Universitas Brawijaya  Malang, Jawa Timur berhasil mengubah air limbah rumah potong hewan  atau RPH menjadi energi listrik yang diberi nama Slaughtering House Waste Water  (Shower).

Mereka adalah Hendra Surawijaya dari Fakultas Kedokteran Hewan (FKH 2016), Elfahra Casanza Amada (FKH 2017), dan Rizhaf Setyo Hartono (FMIPA 2016).

Dalam berkreasi, mereka dibimbing oleh dosen Ani Setianingrum.

“Pengembangan energi listrik saat ini lebih banyak memanfaatkan energi surya (solar cell), angin, panas, dan air. Namun, pengembangan tersebut masih memiliki kekurangan yaitu dapat menyebabkan kerusakan lingkungan, over heating, tergantung pada faktor cuaca dan harga yang relatif mahal,” kata ketua tim peneliti pemanfaatan limbah air RPH, Hendra Surawijaya di Malang, Selasa (18/6/ 2019).

Dengan latar belakang tersebut, katanya, ia dan dua rekannya berkolaborasi memanfaatkan limbah air RPH untuk menghasilkan alternatif listrik yang diberi nama Shower.

Kegiatan penelitian dan akhirnya membuahkan energi listrik dari air limbah RPH tersebut didanai oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi dalam Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Karsa Cipta (PKM-KC).

Lebih lanjut, Hendra mengatakan Shower merupakan inovasi rancang bangun alat pemanfaatan bakteri limbah air rumah potong hewan dengan konsep bernama “Agar Salt Bridge”.

Teknologi Shower ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat di lingkungan RPH.

Shower yang memanfaatkan limbah air bisa mengurangi pencemaran lingkungan sekitar sehingga bau limbah air yang tidak sedap bisa menjadi alternatif energi baru dan terbarukan.

Ia menjelaskan mekanisme kerja Shower sangat mudah, yaitu air limbah RPH ditampung ke dalam wadah, dicampur dengan effective microorganisme4 (EM4) untuk menghilangkan bau pada air limbah.

Selanjutnya, air limbah tadi ditambahkan manitol salt agar dan garam elektrolit. Dengan demikian, bakteri akan mengoksidasi substrat dan menghasilkan elektron dan proton pada anoda.

Elektron ditransfer melalui sirkuit eksternal, sedangkan proton didifusikan melalui separator membran manitol salt agar menuju katoda. Beda potensial elektron dan proton akan menghasilkan arus listrik.

“Energi listrik yang dihasilkan dari limbah air RPH dapat menjawab tantangan zero waste dan mengurangi pencemaran lingkungan. Selain itu, alat ini juga sebagai sumber energi baru dan terbarukan yang ramah lingkungan, efisien, murah, dan mudah digunakan,” ujarnya.

Berdasarkan kelebihan tersebut, katanya, alat ini memiliki potensi yang luar biasa untuk mengatasi listrik dan ketahanan energi di Indonesia, sehingga mampu mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs).

Menurut Hendra, dalam penelitian setiap sel Shower bisa menghasilkan 0,1 watt listrik. Untuk menghidupkan lampu 10 watt, diperlukan 100 sel.

“Mungkin kalau sudah menggunakan penaik tegangan jumlah sel yang digunakan bisa kurang dari itu,” katanya, Rabu (19/6/2019) malam.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com