loading...
Loading...
Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM
Kabinet Jokowi – Ma’ruf bakal menyediakan ruang sebesar 45 persen bagi menteri-menteri dari kalangan partai politik (Parpol). Sisanya diperuntukkan bagi kalangan profesional.

Dengan telah ditetapkannya komposisi kabinet, Jokowi juga menyampaikan akan ada perubahan nomenklatur kementerian.

“Ada. Ada (kementerian) yang digabung, ada (kementerian) yang baru,” kata Jokowi di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta, Rabu (14/8/ 2019).

Jokowi tak menyebutkan kementerian mana yang digabung dan yang baru. Namun, dalam periode pertamanya, perubahan nomenklatur di antaranya Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Perumahan Rakyat digabung menjadi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat.

Baca Juga :  Tak Hadiri Undangan KPK, Jokowi Pilih ke SMK Negeri 57, Apa Sebab?

Kemudian Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif diubah menjadi Kementerian Pariwisata. Sedangkan ekonomi kreatif menjadi sebuah badan bernama Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Sebelumnya dalam pertemuan dengan pemimpin redaksi media massa, Jokowi mengungkapkan telah selesai menyusun anggota kabinet, untuk periode kedua di pemerintahannya.

Ia menyebut pengumuman nama-nama menteri itu bisa dilakukan kapan saja.

“Bisa segera diumumkan, karena pasar juga sudah menunggu untuk kepastian,” kata presiden terpilih itu, kepada para pemimpin redaksi media massa, yang diundang dalam jamuan makan siang di Istana Merdeka, Rabu (14/8/2019).

Baca Juga :  Pro Kontra Gibran dan Bobby Terjun di Pilkada, PKS Anggap Nepotisme, PDIP: Suuzon!

www.tempo.co

Loading...