loading...
Loading...
Daftar Caleg terpilih Dapil VI Sragen. Dari atas kiri ke kanan. Sugiyarto, Wulan Purnama, Hagung Susilo, Bahrul Mustawa, Tono, Anggoro Sutrisno, Asita, Thohar Ahmadi. Foto kolase/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen akhirnya menyelesaikan Pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon terpilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sragen setelah sempat tertunda. Hasil pleno pun tak banyak bergeser dari yang sudah banyak beredar di media dan kalangan parpol selama ini.

PDIP menahbiskan diri menjadi partai penguasa di Sragen dengan perolehan 13 kursi di periode 2019-2024. Hal itu disampaikan Ketua KPU Sragen, Minarso.

Ia mengatakan pleno digelar Jumat (9/8/2019). Pleno ini sebagai kelanjutan setelah pleno yang dijadwalkan 3 Juli 2019 lalu, gagal digelar karena aturan dan mekanisme di Mahkamah Konstitusi (MK).

Pleno digelar Jumat (9/8/2019) sore ini di aula KPU Sragen dengan dihadiri sejumlah anggota atau perwakilan partai politik (Parpol).

Pleno terbuka akan dibacakan perolehan angka per partai. Kemudian disampaikan perolehan suara parpol di masing-masing dapil yang mendapat jumlah kursi. Lantas dilanjutkan dengan perangkingan sekaligus menetapkan siapa caleg partai yang mendapat kursi.

Baca Juga :  Obati Kekecewaan Pedagang, Bupati Sragen Langsung Borong Dagangan Rp 3 Juta di Pasar Kota

”Hasil kerja jajaran KPU Sragen di tingkat MK  tidak ada kendala. Hasilnya sesuai dengan Pleno kita,” paparnya Jumat (9/8/2019).

Minarso menyampaikan di Sragen PDIP mendapat 13 Kursi. Dengan demikian PDIP menjadi partai pemenang pada pemilu 2019 ini. Perolehan kursi PDIP menjadi yang terbanyak untuk periode DPRD 2019-2024.

Setelah ini, hasil pleno segera disampaikan ke Gubernur melalui bupati. Hasil Rapat Pleno kemudian segera diteruskan untuk digelar pelantikan anggota DPRD yang baru.

Sementara Sekretaris DPRD Joko Saryono, pelantikan anggota DPRD Sragen terpilih, akan digelar pada 12 Agustus nanti. Pihaknya sudah membentuk panitia dan berkoordinasi dengan pihak terkait.

Baca Juga :  Kisah Haru Perjuangan Pasutri Kakek Nenek asal Gading Tanon Pembuat Impling. Rumahnya Reyot dan Dilanda Kebutaan, Tetap Semangat Demi Lestarikan Cemilan Tradisional Khas Sragen

”Panitia sudah kami bentuk dan persyaratan administrasi telah kami siapkan, termasuk berkoordinasi dengan instansi terkait,” jelas Joko.

Setelah MK membacakan putusan hasil gugatan pada 9 Agustus, memang disusul pleno dari KPU Sragen tentang anggota DPRD terpilih. Hasil pleno KPU itu, nama-nama yang ditetapkan diusulkan Bupati Sragen kepada Gubernur Jawa Tengah untuk dibuat surat keputusan dan pelantikan.  Wardoyo

 

Loading...