JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Kabar Dari Mekah: Meriahnya Peringatan HUT RI di Mekah, Nenek-Nenek Pun Ikut Lomba Balap Karung

Foto/Johan Wahyudi
   
Foto/Johan Wahyudi

MEKAH, JOGLOSEMARNEWS.COM Gegap gempita peringatan HUT RI 17 Agustus ternyata tak hanya monopoli warga di dalam negeri saja. Di berbagai penjuru belahan dunia, para warga Indonesia juga turut merayakannya.

Seperti ribuan warga Indonesia yang saat ini tengah menunaikan ibadah haji di Arab Saudi.

Pemandangan itu terlihat di Sektor 10 PPIH Makkah yang Sabtu (17/8/2019) juga mengadakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 di halaman Hotel Kiswah.

Selaku inspektur upacara adalah Ketua Sektor, yakni Nurul Badruttamam. Peringatan ulang tahun kemerdekaan ini mengambil tema meningkatkan kebersamaan petugas haji dengan jamaah.

Kasubag Tata Usaha dan Humas Inspektorat Jenderal Kementerian Agama itu menjelaskan, acara berlangsung sangat meriah.

Jamaah haji tumplek blek ke halaman hotel guna mengikuti upacara. Meskipun sebenarnya dibatasi 5 orang jamaah untuk setiap rombongan, toh hampir semua jamaah tumpah ruah mengikuti acara dengan penuh hikmat.

Baca Juga :  Polisi Tangkap Pasangan Suami istri Asal Jombang Pelaku Penipuan dan Penggelapan Sejumlah Kendaraan Sepeda Motor di Sragen
Johan Wahyudi bersama Nurul Badruttamam, Ketua Sektor 10 Makkah

Sebanyak 70 petugas dan jamaah haji dari 65 Kloter SOC terlihat sangat menghayati acara itu. Bahkan ada beberapa jamaah haji yang menangis haru karena memperingati hari kemerdekaan di negara lain.

“Saya tidak menyangka, jamaah haji sangat antusias mengikuti upacara. Itu saja saya batasi maksimal 5 orang per rombongan. Coba dibebaskan, seperti apa suasananya. Saya amati, mereka benar-benar menghayati perjuangan kemerdekaan oleh para pendiri bangsa” tambah lelaki kelahiran Cilacap, 2 Februari 1978 ini.

Selama ini, jelas ASN angkatan 2009, peringatan hari kemerdekaan selalu di dalam gedung. Tahun ini, acara diadakan di halaman. Bahkan, panitia juga mengadakan aneka lomba khas tanah air, seperti balap karung, main tepung, makan kerupuk dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Puluhan Warga Geruduk Kantor Desa Pilang Masaran Sragen Tolak Pembangunan Tower, Warga: Ini Masalah Kesehatan Kami

“Hadiahnya nggak seberapa karena ini spontan. Namun, para peserta sangat teramat senang mengikuti. Bahkan ada nenek-nenek yang ikut lomba balap karung” cerita ayah dua anak ini sambil tertawa.

Foto/Johan Wahyudi

Melalui kegiatan ini, mantan Kasubag Organisasi dan Tatalaksana Itjen Kemenag berharap agar nasionalisme jamaah haji meningkat. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga mempersatukan jamaah haji yang berasal dari segala penjuru Jawa Tengah dan Yogyakarta.

“Hoaks telah memecah belah persatuan umat. Saya berharap, acara ini dapat menangkal dampak negatif hoaks. Bahkan, kegiatan itu perlu dikembangkan untuk waktu-waktu mendatang” tuturnya serius. (*/Laporan Johan Wahyudi dari Mekah)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com