JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Bruk! Rangka Ruang Kelas SDN Pesido 3 Jatiroto Wonogiri Jebol, Siswa Diungsikan

Plafon kelas SDN Pesido 3 Kecamatan Jatiroto, Wonogiri, jebol. Foto : istimewa
Plafon kelas SDN Pesido 3 Kecamatan Jatiroto, Wonogiri, jebol. Foto : istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Atap ruang kelas SDN 3 Pesido Kecamatan Jatiroto, Wonogiri, jebol. Beruntung saat kejadian tengah memasuki jam istirahat.

Selain itu kondisi bangunan juga sangat memprihatinkan.Rangka atap bangunan sudah mulai melapuk. Sementara atap yang jebol ada di kelas I.

Kepala SDN 3 Pesido Kecamatan Jatiroto, Sugiyatmi, mengatakan, jebolnya atap terjadi Senin (16/9/2019) kemarin. Menurut dia hal itu lantaran kondisi kayu rangka atap sudah lapuk dimakan rayap.

“Untungnya saat kejadian tengah memasuki jam istirahat. Sehingga tidak ada satupun siswa yang ada di dalam ruang kelas,” kata dia, Rabu (18/9/2019).

Baca Juga :  Begini Skenario Simulasi Pembelajaran Tatap Muka Alias Offline Tingkat SMA Maupun SMK di Wonogiri, Khusus Kota Mete Ada 2 Sekolah yang Siap, SMKN 2 dan SMAN 2

Jebolnya atap itu membuat lubang menganga di bagian plafon berdiameter 2X3 meter. Total siswa di SDN 3 Pesido 90 siswa.

‘Untuk sementara siswa melakukan kegiatan belajar mengajar dengan memanfaatkan ruang perpustakaan,” ujar dia.

Terpisah, Camat Jatiroto Andika Krinayana mengatakan, kondisi SDN 3 Pesido memang sudah memprihatinkan. Jika dilihat sepintas dari luar, kondisi bangunan sekolah tersebut masih bagus. Namun, setelah dia melihat setiap sudut ruang ternyata sudah tak layak lagi. Tak hanya ruang kelas I, namun ada sejumlah ruang kelas lain yang mengalami kerusakan serupa.

Baca Juga :  Dari Razia Masker di Kecamatan Puhpelem Wonogiri, Masih Ditemukan Warga yang Tidak Memakai Masker di Luar Rumah, ini yang Dilakukan Satgas Penanganan COVID-19

“Sebelum plafon jebol sudah disangga menggunakan bambu,” jelas Camat.

Menurut dia, kondisi tersebut sudah diusulkan ke dinas terkait beberapa tahun lalu. Jika dibiarkan berlarut-larut, pihaknya khawatir akan membahayakan para siswa.

“Kalau hujan airnya bocor dan membuat plafon ruang kelas rembes, kalau dilihat seperti berlumut,” tutur dia. Aria