JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Puncak Kemarau, Kodim 0728 Wonogiri Tanam Ribuan Pohon di Gudang Pokoh Kidul, Komplek Waduk Gajah Mungkur

Dandim 0728 Letkol Inf M. Heri Amrulloh menanam bibit pohon di Gudang Pokoh Kidul Wonogiri. Dok. Kodim 0728 Wonogiri
Dandim 0728 Letkol Inf M. Heri Amrulloh menanam bibit pohon di Gudang Pokoh Kidul Wonogiri. Dok. Kodim 0728 Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM -Pada puncak musim kemarau, ribuan bibit pohon ditanam di Dusun Gudang, Desa Pokoh Kidul, Kecamatan Wonogiri, Sabtu (28/9/2019).

Kegiatan bakti TNI untuk negeri tersebut dalam rangka serbuan teritorial di Korem 074/Warastratama berupa penghijauan bersama Danrem 074/Warastratama, TNI/Polri, Pemkab Wonogiri, dan masyarakat.

Asisten II Sekda Bambang Haryadi mengatakan, mengapresiasi keluarga besar Korem 074/Warastratama, juga seluruh prajurit TNI dan anggota Polri Kabupaten Wonogiri. Ada beberapa manfaat yang dapat dipetik dari kegiatan ini. Yang terutama adalah menghadirkan tanaman pengurang erosi permukaan, sekaligus memiliki nilai ekonomi yang tinggi bagi masyarakat.

“Semoga dapat menginspirasi warga Wonogiri untuk juga melakukan hal yang sama. Yaitu sadar menanam pohon sebagai cara penyelamatan lingkungan dan menambah nilai ekonomi,” jelas dia.

Baca Juga :  Kisah Inspiratif Pelda Widodo Babinsa di Tirtomoyo Wonogiri yang Sukses Berbisnis Bebek Petelur, Jadi Bekal Masuki Masa Pensiun, 2 Anaknya Ikuti Jejak Jadi Anggota TNI

Komandan Korem Kolonel Inf Granada Baay yang disampaikan oleh Kasrem Letkol Inf Yudi Purwanto, menyadari bahwa dinamika pelaksanaan dari hasil-hasil pembangunan selama ini, di samping telah membawa dampak positif berupa kemajuan-kemajuan, juga telah menimbulkan berbagai akses negatif. Antara lain pencemaran lingkungan, berkurangnya kawasan hijau, kerusakan habitat, serta eksploitasi sumber daya hayati.

Kerusakan sumber daya alam tersebut antara lain disebabkan oleh, pemanfaatan lahan yang kurang intensif, menyempitnya lahan pertanian, pertambahan penduduk yang relatif tinggi, tingkat pendidikan. Juga tingkat pendapatan yang relatif rendah terutama pada masyarakat pedesaan.

Baca Juga :  Program Sunat Gratis di Slogohimo Wonogiri Berlanjut, Sasarannya Tetap Anak Yatim dan Kurang Mampu, Kali ini Dalam Rangka HUT TNI

“Oleh karena itu upaya untuk menanggulangi berbagai ancaman terhadap pelestarian kawasan hijau perlu dilakukan secara berkesinambungan serta bersifat menyeluruh penghijauan bukan saja semata-mata menjadi tanggung jawab pemerintah melainkan juga menjadi tanggung jawab dunia usaha dan masyarakat,” jelas dia.

“Kegiatan ini juga merupakan wujud pelaksanaan kebersamaan dalam memelihara potensi alam dan pelestarian lingkungan hidup serta peningkatan taraf hidup masyarakat karena pohon yang kita tanam saat ini berupa pohon buah seperti alpukat yang berjumlah 1000 pohon. Kegiatan terpadu ini akan dibudayakan terus karena mengandung nilai positif untuk kepentingan masyarakat,” beber dia. Aria