JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Pusaka Kanjeng Kyai Pamot Dijamas di Karanganyar. Bupati Sebut Biar Karanganyar Ayem Tentrem 

Foto/Humas
   
Foto/Humas

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Jamasan Pusaka Kanjeng Kyai Pamot, pusaka gadhuan saking Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Mangkunegaran Kaping IV dari Surakarta Hadiningrat ingkang mapan ing Kabupaten Karanganyar.

Tumenggung Lilik Priarso Tirtodiningrat utusan dari Pura Mangkunegaran Surakarta Hadiningrat menjadi pemimpin rombongan dari kraton, Jum’at (19/09/19).

Kepala BPBD Karanganyar, Bambang Jatmiko mendapat titah langsung dari Bupati Karanganyar untuk memboyong Pusaka Kanjeng Kyai Pamot dari papan palereman di gedong pusaka, didampingi Muhammad Indriyanto Kepala Baperlitbang dan Sugeng Raharto Kabag Administrasi Pembangunan untuk diserahkan langsung kepada Bupati Karanganyar Juliyatmono sebelum dijamasi (dimandikan).

Selanjutnya Pusaka Kanjeng Kyai Pamot yang telah dibawa Bupati diserahkan kepada Tumenggung Lilik Priarso Tirtodiningrat utusan dari Pura Mangkunegaran untuk dijamasi oleh para parogo ingkang kadhawuh hanjamasi.

Sementara itu, Bupati Karanganyar Juliyatmono dalam sambutannya menyampaikan jamasan Pusaka Kanjeng Kyai Pamot dilakukan karena kalau tidak dibersihkan akan berkarat.

“Kalau nggak dibersihkan ya bakal krepes teyengen, maka harus dibersihkan,” papar Bupati.

Oleh karenanya, pusaka peninggalan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo dari Mangkunegaran itu yang membersihkan juga dari abdi dalem Pura Mangkunegaran dari Surakarta Hadiningrat.

“Agar Karanganyar tentrem ayem, maka pusaka ini harus dirawat dengan baik agar awet,” jelas Bupati. Wardoyo

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com