JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Ratusan Polisi Jepara Diterjunkan Amankan Kedatangan Jemaah Haji. Dua Orang Jemaah Dilaporkan Meninggal Dunia 

Foto/Humas Polda
Foto/Humas Polda

JEPARA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ratusan personel dikerahkan untuk mengamankan kedatangan jemaah haji Kabupaten Jepara. Dua orang jemaah dari Jepara dilaporkan meninggal dunia di tanah suci selama ibadah berlangsung.

Kapolres AKBP Arif Budiman mengatakan pengamanan dilakukan selama dua hari jadwal kedatangan jemaah yakni Kamis (05/09/2019) dan hari ini (06/09/2019). Sesuai jadwal kedatangan jamah haji Kabupaten Jepara yaitu sebanyak 3 kloter dari 4 kloter.

Kedatangan jamaah haji Jepara terbagi dalam 3 sesi dimana sesi pertama datang kemarin sore (05/09/2019) yaitu kloter 61 berjumlah 310 jamaah dari yang seharusnya 311 jamaah. Satu orang jamaah meninggal dunia atas mama Ibu Marifah SB warga Desa Geneng, Kecamatan Batealit, Jepara.

Kemudian kemarin malam (05/09/2019) kloter 62 berjumlah 352 jamaah dari yang seharusnya 353 jamaah karena 1 orang jamaah meninggal dunia atas nama Purwanto warga Desa Tegalsambi, Kecamatan Tahuna,  Jepara.

Baca Juga :  Blora Mulai Uji Coba Sekolah Tatap Muka

Pagi tadi (06/09/2019) kloter 63 berjumlah 354 orang jamaah dan kloter 64 berjumlah 354 orang jamaah di Pendopo Kartini Kabupaten Jepara.

Dengan adanya hal tersebut, Polres Jepara Polda jawa Tengah menurunkan ratusan personil baik dari TNI, Polri, Dishub Jepara dan Satpol PP Jepara untuk mengamankan jalannya kegiatan kedatangan jamaah haji Kab. Jepara.

Pengamanan dan pengawalan dimulai sejak datangnya jamaah di Asrama Haji di Dohohudan Boyolali, Jawa Tengah hingga ke Jepara. Pengamanan jalur sepanjang route yang dilewati, lokasi transit jamaah haji yaitu di Pendopo Kartini Kabupaten Jepara dan saat penyerahan koper ke jamaah haji.

Baca Juga :  Tingkat Kematian Akibat Covid-19 di Jateng Turun Drastis, Pegawai RSUD Harus Tetap Kerja Keras

“Dengan adanya kegiatan kedatangan haji Jepara, kami Polres Jepara menurunkan ratusan personil baik dari TNI, Polri, Dishub Jepara dan Satpol PP Jepara untuk melaksanakan pengamanan. Utamanya untuk mengantisipasi adanya tindak pencurian atau tindak kejahatan lainnya” jelas Kabagops Polres Jepara Polda Jawa Tengah Kompol Parno usai pimpin Apel Pengamanan.

Kapolres Jepara AKBP Arif Budiman mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada semua pihak baik panitia, TNI, Polri, Dishub Jepara, Satpol PP Kabupaten Jepara dan yang lainnya yang telah menjaga serta ikut mengamankaan kegiatan kedatangan jamaah haji.

“Termasuk warga masyarakat yang tertib saat melakukan penjemputan,” pungkasnya. Wardoyo