JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi

Ratusan Siswa di 9 SD Wonogiri Gelar Salat Minta Hujan

Salat minta hujan di Wonogiri. Foto : istimewa
Salat minta hujan di Wonogiri. Foto : istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanyak sembilan sekolah dasar (SD) di Wonogiri menggelar salat minta hujan, Senin (30/9/2019). Hal tersebut sebagai upaya terkait bencana kekeringan dan krisis air bersih yang melanda Kabupaten Wonogiri.

Tercatat ada sembilan SD negeri di Wonogiri yang menyelenggarakan salat minta hujan pagi tadi. Antara lain SDN 1 Wonogiri Kecamatan Wonogiri, SDN Karangtengah Kecamatan Selogiri, SDN Sempukerep Kecamatan Sidoharjo, SDN Wuryorejo 3 Kecamatan Wonogiri. Selanjutnya SDN 2 Gendayakan Kecamatan Paranggupito, SDN Batuwarno, SDN Giritirto Kecamatan Wonogiri, SDN Sejati Kecamatan Giriwoyo, dan SDN 3 Padarangin Kecamatan Slogohimo.

Baca Juga :  Ada Balap Lari di Wonogiri, Bupati Joko Sutopo Alias Jekek Tekankan yang Penting Patuh Protokol Kesehatan

Salat minta hujan digelar di halaman sekolah masing-masing. Pelaksanaannya pada pagi sebelumnya jam pelajaran dimulai.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wonogiri, Yuli Bangun Nursanti, mengatakan, sejumlah SD di Wonogiri berinisiatif menggelar salat minta hujan. Menurut dia hal itu sebagai salah satu proses pembelajaran di sekolah.

“Melalui salat minta hujan, siswa mengimplementasikan pelajaran yang sudah diterima, khususnya agama,” kata Yuli.

Baca Juga :  Paslon Josss dan Harjo Diminta Bikin Satgas COVID-19, Salah Satunya Untuk Memastikan Pelaksanaan Kampanye Sesuai Prokes, Supaya Terhindar Dari Permasalahan Batasan Massa Kampanye

Bukan hanya itu, melalui kegiatan tersebut, diharapkan bisa meningkatkan nilai-nilai karakter siswa. Siswa muncul rasa simpati dan kepedulian terhadap keadaan sekelilingnya, terutama dampak akibat kemarau panjang.

Menurut dia, SD penyelenggaraan salat minta hujan tidak hanya yang ada di daerah terdampak kekeringan. SD di wilayah yang bebas dampak kekeringan seperti di Kecamatan Slogihimo maupun Sidoharjo dan Wonogiri ikut melaksanakannya. Aria