JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

BMKG : Baru Kali Pertama Terjadi, Suhu Udara Panas di Kota Semarang Mencapai 39,4 Derajat Celcius

Ilustrasi- Langit tampak cerah di kawasan Tugu Muda Kota Semarang, Jawa Tengah. TRIBUN JATENG/REZA GUSTAV

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Selasa (22/10/2019) siang, suhu udara di Kota Semarang tercatat mencapai 39,4 derajat Celcius.

Ini merupakan kali pertama Ibu Kota Jawa Tengah tersebut mengalami suhu udara paling tinggi.

Rekor itu diungkapkan oleh Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Semarang Iis Widya Harmoko saat dihubungi Tribunjateng.com, sore ini.

“Secara umum suhu tertinggi terjadi pada bulan Oktober ini,” terangnya melalui pesan singkat.

“Diprakirakan pada bulan November suhu akan mulai menurun,” imbuhnya

Dari pengamatan Tribunjateng.com, udara di sebagian besar Kota Semarang pada siang hari ini terasa lebih panas dibanding hari-hari sebelumnya.

Iis menyebutkan bahwa kemungkinan kondisi tersebut akan tetap terjadi beberapa hari ke depan.

Baca Juga :  Gangguan Kamtibmas Meningkat, Kapolda Jateng Sebut 6 Poin Penting Yang Wajib Dipahami Semua Jajaran. Salah Satunya Tak Boleh Mudah Terpancing Emosi!

“Kemungkinan suhu maksimum masih ada, tapi kami akan monitoring terus perkembangannya,” jelasnya.

Salah satu warga Kota Semarang, Riko Febrianto (27), mengaku merasakan panasnya udara hari ini saat bepergian menggunakan sepeda motor.

“Karena saya hanya pakai sandal, kaki saya rasanya seperti disiram air panas waktu kena sinar matahari saat berada di Tembalang tadi siang,” ungkapnya.

Sebagai informasi, sebelum ini Kota Semarang juga sempat mencatatkan rekor suhu udara tertingginya waktu itu mencapai 38.5 derajat Celcius pada 18 Oktober 2002 dan 12 Oktober 1972.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (Hendi) sendiri tengah berupaya menggalakkan gerakan menanam pohon di berbagai tempat.

Baca Juga :  Sejumlah Kafe di Tegal Diobok-Obok, Kapolres Peringatkan Pengelola Karena Kepergok Tak Beri Tanda!

Hal itu berbarengan dengan akan masuknya musim penghujan sebentar lagi.

“Kami berkomunikasi dengan berbagai pihak untuk menanam ratusan ribu pohon pada saat musim penghujan,” ungkapnya kepada Tribunjateng.com beberapa waktu lalu.

Ia juga mengimbau warganya untuk bersama-sama menanam pohon di mana saja untuk menurunkan suhu udara dan menambah sejuk.

“Teman-teman instansi dan kita sendiri harapannya dapat menanam dan merawat. Mudah-mudahan akan mampu menimimalkan panasnya Kota Semarang,” pungkasnya.

www.tribunnews.com

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Suhu Udara Panas di Kota Semarang Mencapai 39,4 Derajat Celcius, BMKG : Baru Kali Pertama Terjadi, Artikel Asli