loading...
Foto/Humas

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM  Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengapresiasi adanya Pameran Inovasi Kesehatan (PIKES) 2019 yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen selama dua hari Jumat (25/10/2019) sampai Sabtu (26/10/2019) di GOR Diponegoro Sragen.

Hal itu diungkapkan Bupati Yuni usai mengunjungi stand-stand PIKES bersama Wakil Bupati Dedy Endriyatno, Sabtu (26/10/2019).

Gelaran PIKES yang baru pertama kali diselenggarakan ini, menurut Bupati bisa mengenalkan apa saja program dan inovasi khususnya bidang kesehatan dari masing – masing Rumah Sakit maupun Puskesmas per kecamatan kepada masyarakat.

“Potensi yang kita miliki di Sragen di bidang Kesehatan, baik itu tenaga medis, fasilitas kesehatan milik pemerintah maupun swasta kita gelar hari ini supaya masyarakat tahu keunggulan dari masing – masing rumah sakit di Kabupaten Sragen,” ujarnya.

Dari hasil yang diamati, Bupati menguraikan jika masing – masing stand punya keunggulan, tema bahkan ciri khas sendiri.

Baca Juga :  Dampak Corona, 175 Siswa SMK Citra Medika Sragen Ujian Sekolah Pakai HP dari Rumah. Tapi Dijamin Gak Akan Bisa Nyontek!

“Seperti puskesmas mondokan, karena angka stunting mereka tinggi mereka fokus pada penanganan stunting jadi satu kader satu pendamping satu penderita stunting. Tadi ada 250 kader, berarti sudah mulai bekerja karena penanganan stunting tidak hanya diberikan gizi yang berkelanjutan tapi juga perlu edukasi untuk masyarakat,” lanjutnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen dr. Hargiyanto dalam laporannya menyampaikan PIKES diikuti 40 stand.

“Puskesmas 25 peserta, Rumah Sakit Negeri dan Swasta se Kab. Sragen 11 peserta, Dinas Kesehatan 2 peserta, Dinas PPKBPPPA 1 peserta dan Kantor BPJS Kabupaten Sragen peserta,” terangnya.

Ia menambhkan Inovasi di masing-masing Puskesmas dan RSUD nanti diharapkannya bisa ditiru dan diterapkan oleh peserta lain.

“Selama ini jika kita hanya ada alat-alat kesehatan yang biasa saja kan kurang jadi kita adakan inovasi ini. Kita membuat sesuatu gebrakan yang di luar mungkin semua sudah ada, jadi kita harus berinovasi,” ujar Hargiyanto.

Baca Juga :  Pemudik Mulai Tiba, 1.177 Warga Sragen Diminta Lakukan Karantina Mandiri Selama 14 Hari. Jumlah ODP Corona 50 Orang, Pasien Diisolasi 4 Orang

“Jangan sampai kita undang hanya membawa tensi ataupun cek-cek biasa kami harapkan lebih dari itu,” pungkasnya.

Karena kali pertama digelar, Hargiyanto menambahkan untuk menarik antusiasme masyarakat oleh sebab itu acara PIKES 2019 ini menghadirkan penyanyi campursari The Father Of Broken Heart Didi Kempot sebagai hiburan bagi pengunjung. Wardoyo