loading...
Foto/Humas Polda

TEGAL, JOGLOSEMARNEWS.COM  Sedikitnya 4000 keping material smat Surat ijin Mengemudi atau SIM, disiapkan jajaran Satuan Lalulintas Polres Tegal Kota untuk masyarakat Kota Tegal dan sekitarnya.

Kasatlantas Polres Tegal Kota AKP Ben Aras melalui Kanit Reg Ident (KRI) Iptu Bambang Swidagdo mengungkapkan, Smart SIM bisa dimiliki bagi pemohon SIM yang sebelumnya mendapat surat keterangan ijin mengemudi atau SIM.

“Beberapa bulan yang lalu blangko SIM kosong, dan bagi mereka hanya dapat surat keterangan sementara. Mulai saat ini mereka bisa memiliki SIM namun tidak sama dengan SIM yang terdahulu,” ujarnya, Senin (7/10/2019) di Mapolres.

Iptu Bambang menjelaskan, saat ini masyarakat bisa mendapatkan SIM yang multiguna. Sebab, Selain untuk identifikasi diri dan kemampuan berkendara, juga bisa digunakan sebagai e- money atau e- toll.

Baca Juga :  Cemburu Istri Sering Diajak Main, 4 Warga Tanjung Nekat Bantai Irvan Hingga Tewas. Korban Dihajar Pakai Kipas Angin Hingga Pecahan Cobek

Dirinya pun mengungkapkan, antusiasme masyarakat terhadap smart SIM sangat besar.

“Sebagian masyarakat sudah tahu fungsi smart SIM, mereka juga nampaknya penasaran dengan smart SIM,” ujarnya.

Lebih lanjut Iptu Bambang menerangkan, sejak diterbitkannya smart SIM di Polres Tegal Kota sudah ada 1000-an smart SIM yang tercetak.

“Sejak diterbitkan yaitu 22 Sepetember sampai saat ini sudah ada 1000-an masyarakat yang sudah punya smart SIM,” katanya.

Selain itu, kelebihan smart SIM yaitu mampu merekam tilang dan merekam data kecelakaan pemiliknya.

Baca Juga :  Mesin ATM BCA di Muntilan Ternyata Digasak Dengan Cara Didorong ke Mobil. Pelakunya 4 Orang, Isi Uangnya Rp 800 Juta

Selain itu lanjutnya, Polri juga berencana menerapkan poin di dalam SIM. Jika ada pelanggaran, nanti secara otomatis poin di dalam SIM akan berkurang.

Harapanya dengan adanya smart SIM, dapat mendidik masyarakat untuk tertib berlalu lintas. JSnews