loading...
Ilustrasi peserta seleksi CPNS saat mengerjakan tes CAT di Gor Diponegoro Sragen. Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar mendapatkan 244 formasi dalam rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019. Formasi tersebut terdiri dari tenaga kependidikan, tenaga kesehatan dan tenaga teknis lainnya.

Kepastian itu disampaikan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Karanganyar, Siswanto. Kepada wartawan ia mengungkapkan kepastian jumlah formasi itu diketahui dari pemberitahuan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi.

“Pemkab Karanganyar dapat 244 formasi penerimaan CPNS tahun ini,” paparnya.

Jika dibanding kuota tahun lalu, kuota CPNS yang diperoleh tahun ini, jauh lebih sedikit. Siswanto mengatakan tahun lalu, Pemkab Karanganyar mendapat jatah 354 formasi.

Baca Juga :  Sejumlah Kampung di Karanganyar Lockdown, Bupati Minta Dipikirkan Penghasilan Warganya Yang Tak Punya Gaji Bulanan

Lebih lanjut, Siswanto menguraikan berdasarkan kebijakan pemerintah pusat, tidak ada pengangkatan CPNS dari unsur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Sehingga 244 formasi yang diberikan itu nantinya murni untuk pengangkatan CPNS.

“Awalnya 30 persen dari CPNS dan 70 persen dari PPPK. Karena PPPK tidak ada, semua digeser ke CPNS,” jelasnya.

Perihal detail jadwal dan tahapan pelaksaan seleksi, ia mengaku belum bisa berkomentar.

Sebab teknis pelaksanaan menjadi kewenangan penuh dari pemerintah pusat. Untuk diketahui, Pemkab Karanganyar memang membutuhkan kuota CPNS untuk mengimbangi pengurangan PNS yang pensiun.

Baca Juga :  Banyak Sopir Bus AKAP Masih Ngeyel Tak Mau Masuk Terminal dan Discreening, Dishub Karanganyar Sentil Agen. Lokasi Screening Bakal Dipindah ke Terminal Palur

Data di BKPP, jumlah PNS yang pensiun pada tahun ini sebanyak 500 orang. Meskipun mendapatkan alokasi penerimaan CPNS separuh dari jumlah PNS yang pensiun, hal itu tidak menjadi persoalan. Wardoyo