JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Begini Lho Cara Mewujudkan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Lokal, Muaranya Bisa Mencapai Ketahanan Pangan Prima

Bupati Wardoyo Wijaya mencicipi salah satu produk kuliner lokal. Dok. Humas Pemkab Sukoharjo
   
Bupati Wardoyo Wijaya mencicipi salah satu produk kuliner lokal. Dok. Humas Pemkab Sukoharjo

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Penganekaragaman konsumsi pangan lokal perlu diwujudkan untuk mencapai ketahanan pangan. Hal itu menjadi keseriusan Pemkab Sukoharjo.

Bupati Wardoyo Wijaya mengatakan untuk mewujudkan penganekaragaman konsumsi pangan lokal di Kabupaten Sukoharjo telah ditempuh sejumlah langkah. Misalnya, melalui berbagai kegiatan seperti rapat-rapat dengan snack berbasis pangan lokal.

Langkah selanjutnya gemar mengembangkan teknologi pangan lokal, lomba cipta menu berbahan dasar lokal dan festival kuliner lokal.

“Saya berharap festival kuliner dapat mengenalkan berbagai potensi sumber daya keanekaragaman pangan dan sebagai sarana promosi dan perdagangan produk-produk unggulan pangan olahan di Kabupaten Sukoharjo serta dapat menggerakan perekomian rakyat,” harap Bupati, Jumat (15/11/2019).

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Ditambahkan Bupati, Pemkab Sukoharjo telah memberikan perhatian khusus soal pangan. Yakni dengan sebuah program untuk mendorong pemenuhan kebutuhan pangan pada skala terkecil rumah tangga dengan optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan melalui konsep kawasan rumah pangan lestari (KRPL).

Program ini yang telah dilaksanakan selama 7 tahun terakhir melalui bantuan belanja hibah kepada kelompok wanita tani di 24 lokasi desa binaan PKK. Sebagai percontohan didakan kegiatan Obor Pangan Lestari (Opal) di lingkungan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Mulur Kecamatan Bendosari.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pangan Kabupaten Sukoharjo, Netty Harjianti mengatakan Pemkab Sukoharjo merayakan Hari Pangan Sedunia (HPS) dengan menggelar festival kuliner Kabupaten Sukoharjo dari tanggal 14 – 18 November. Rangkaian peringatan HPS ke-39 antara lain diadakan rakor dewan ketahanan pangan dirangkai dengan pelantikan pengurus Perpadi dan pelepasan beras produksi Perpadi dan lomba cipta menu yang diikuti perwakilan TP.PKK Kecamatan dan dilaksanakan upacara seremonial peringatan HPS. Aria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com