JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Gubernur Ganjar Bocorkan Sejumlah Kriteria Calon Kandidat  Pejabat Tinggi di 11 Jabatan yang Akan Dilelang Terbuka. Salah Satunya Terkait Hubungan Ini!  

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Republika/Bowo Pribadi
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Republika/Bowo Pribadi

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengisyaratkan akan membuka lelang jabatan tinggi di sejumlah instansi penting di Jawa Tengah.

Dalam waktu dekat, sebanyak 11 jabatan tinggi di lingkungan Pemprov Jateng akan dilelang untuk mencari kandidat-kandidat terpilih.

Ia juga sempat memberi bocoran soal kriteria kandidat yang dicari. Orang nomor satu di jajaran Pemprov Jateng itu menyebut integritas, kompetensi dan konsepsional adalah beberapa kriteria yang wajib dimiliki.

“Biasanya sih pesan saya pasti soal integritas, kedua kompetensi dan pengalaman, memiliki konsepsional untuk mengelola dan ada jiwa leadership serta manajerial yang baik. Itu yang saya tekankan,” tegasnya.

Menurut Ganjar, persoalan relasi sosial calon kandidat juga menjadi perhatian. Rekam jejak calon dengan bawahan dan atasannya, bahkan dengan masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya akan ditelusuri.

Baca Juga :  Tak Kuat Iman, Tukang Gigi Nekat Nyambi Jualan Ribuan Obat-Obatan Terlarang. Kadang Juga Dipakai Sendiri, Akhirnya Kini Nyesal Diringkus Polisi

“Bagaimana relasi dia dengan eks bawahannya, atasannya dan tetangga-tetangganya. Dengan penilaian itu diharapkan orang yang kami pilih adalah orang yang punya relasi sosial baik dan nantinya tidak ada persoalan,” terangnya.

Ganjar mengaku membutuhkan orang yang memiliki keberanian dalam memimpin organisasi. Para pejabat yang terpilih nantinya diharapkan berani mengambil resiko dan keputusan saat situasi darurat.

“Saya butuh orang yang memiliki terobosan dan berani, bukan peragu. Orang-orang yang bisa memitigasi persoalan dan menghitung betul resiko yang ada. Kalau tidak, nanti persoalan lagi-lagi mengerucut ke saya. Saya tidak mau ada pejabat yang minta petunjuk, saya ingin mereka memberikan alternatif-alternatif dalam mengambil keputusan,” tandasnya.

Ganjar menambahkan selama ini para pejabat yang terpilih dari hasil lelang jabatan di Pemprov Jateng sebagian besar dapat bekerja baik. Meskipun, ada sedikit yang masih kurang dan perlu dorongan.

Baca Juga :  Air Penghidupan Itu ada di Kaki Gunung Ungaran

“Makanya saya biasanya memberikan waktu selama setahun untuk mereka bekerja. Saya tidak memberikan waktu lama-lama, kalau tidak bisa ya siap-siap saja (mengundurkan diri). Soal integritas sangat saya tekankan, kalau integritasnya buruk dan hanya mencari jabatan atau uang, maaf jangan coba-coba,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, Pemprov Jateng selama kepemimpinan Ganjar Pranowo selalu melakukan lelang jabatan untuk mengisi jabatan-jabatan penting. Banyak kejutan yang terjadi selama proses pemilihan itu.

Yang terbaru, seorang Camat di Kabupaten Tegal terpilih menjadi Kepala Biro Kesra Pemprov Jateng dan seorang kepala sekolah diangkat menjadi Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jateng. Wardoyo/JSnews