JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Kurangi Laju Pertumbuhan Penduduk, TNI AD Gelar Safari KB di Wonogiri

Pelaksanaan KBkes di Kecamatan Puhpelem. Dok. Kodim 0728 Wonogiri
Pelaksanaan KBkes di Kecamatan Puhpelem. Dok. Kodim 0728 Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kodim 0728 Wonogiri melaksanakan kegiatan Safari KB dalam rangka Hari Juang Kartika tahun 2019. Kegiatan itu dalam rangka membantu upaya pemerintah untuk mengurangi laju pertumbuhan penduduk Indonesia ke depannya.

Kegiatan dilakukan di semua wilayah di Kabupaten Wonogiri. Salah satunya di Kecamatan Manyaran.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala UPTD Puskesmas Kecamatan Manyaran Evi, Ketua PLKB Kecamatan Manyaran Wiyati, Anggota Babinsa Koramil 11/Manyaran dipimpin Peltu Catur, petugas pelayanan KB, akseptor KB sejumlah 17 orang.

Dijelaskan oleh Ketua PLKB, Program KB adalah bagian yang terpadu dalam program pembangunan nasional dan bertujuan untuk menciptakan kesejahteraan ekonomi, spiritual, dan sosial budaya penduduk Indonesia.

Banyak sekali manfaat yang diperoleh apabila ber-KB. Di antaranya menurunkan risiko kehamilan, menurunkan risiko kanker pada wanita, tidak mengganggu tumbuh kembang anak.

Baca Juga :  Pembagian Seragam Gratis SD dan SMP di Wonogiri Diwarnai Pungutan Ratusan Ribu Rupiah, Bupati Bakal Cek Kebenarannya di Lapangan

Tujuan KB Kesehatan bukan hanya alat kontrasepsi. Tapi adalah pencapaian kualitas hidup lebih baik secara dini, sudah merupakan kerja sama TNI dengan BKKBN dalam mensukseskan program keluarga berencana sesuai progam yang dicanangkan oleh pemerintah.

“Dengan suksesnya keluarga berencana akan tercapai kualitas hidup yang lebih baik dengan sumber daya manusia yang berkualitas. Dengan melibatkan semua komponen masyarakat bangsa Indonesia termasuk TNI,” kata dia.

Pelaksanaan percepatan pelaksanaan Program Kependudukan dan Keluarga Berencana (KB) melalui Bhakti Sosial TNI Manunggal KB Kesehatan sebagai upaya Pemerintah dalam mengurangi laju pertumbuhan penduduk Indonesia ke depannya, juga terselenggara berkat kerjasama antara Koramil 14/Jatisrono dengan Puskesmas 1 dan 2 Kecamatan Jatisrono yang bertempat di Puskesmas 1 dan Puskesmas 2 Jatisrono.

Danramil 14/ Jatisrono yang di wakili Batuud Pelda Suyata, menyampaikan pelaksanaan bakti sosial tersebut dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika (HJK) yang akan jatuh pada setiap 15 Desember mendatang. Bertujuan menciptakan kesejahteraan ekonomi, spiritual dan sosial budaya penduduk Indonesia. Supaya dapat dicapai keseimbangan yang baik dengan kemampuan produksi nasional.

Baca Juga :  Soal Pungutan Untuk Pengadaan Atribut Seragam, Seperti Ini Jawaban Pihak Sekolah, Bupati Berjanji Undang Pihak Terkait

Di Puskesmas Kecamatan Puhpelem juga telah berlangsung kegiatan KKBPK dalam rangka menyambut Hari Juang Kartika Ta 2019. Turut hadir dalam kegiatan Danramil 24/Puhpelem Kapten Inf Tono, Kepala Puskesmas Puhpelem Arif, Kepala PLKB Sularno, Babinsa Koramil 24/Puhplem Pelda Bambang, Sertu Agus, Serda Parjito, Kopka Mulyawan.

Danramil berharap dengan kegiatan ini dapat terjalin kerja sama dalam bidang KKBPK yang sudah berjalan denga baik. Hal ini sesuai dengan petunjuk dan arahan dari komando atas yang dituangkan dalam surat perintah untuk menempatkan Babinsa sebagai motor penggerak progam ini. Aria