JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Ma’ruf Amin Minta Penyelidikan Kasus Desa Siluman Dilanjutkan dan Selalu Diperbarui

madu borneo
madu borneo
madu borneo

Wakil Presiden Ma’ruf Amin saat ditemui di Kantor Wakil Presiden, di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (8/11/2019) / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta laporan penyelidikan mengenai desa fiktif atau desa siluman terus diperbarui.

Ia berharap penyelidikan tak hanya dilakukan terhadap desa fiktif, tapi pada potensi adanya desa fiktif yang lain.

Ma’ruf bahkan meminta laporan ini diperluas, untuk memastikan tak ada lagi desa fiktif serupa.

“Saya anjurkan untuk terus, siapa tahu masih ada lagi (desa lain) yang belum ter-detect, belum diketahui,” kata Ma’ruf saat ditemui di Kantor Wakil Presiden, di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (8/11/2019).

Baca Juga :  Ditangkap, Penghina Moeldoko dan Pelaku Ujaran Kebencian Dijadikan Tersangka

Ma’ruf menyayangkan adanya kasus ini. Ia mengatakan kejadian ini menunjukan dana desa yang seharusnya dimanfaatkan untuk pembangunan masyarakat, tak tersalurkan seluruhnya. Apalagi dana itu berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Ma’ruf pun berharap ke depannya pemeriksaan rutin terus dilakukan.

“Terus ada secara periodik dilakukan pengecekan dana itu, (untuk memastikan) desa-desa masih ada nggak yang fiktif, siluman,” kata dia.

Baca Juga :  Moeldoko: Kalau Paham UU Cipta Kerja, Mahasiswa Tak Akan Demo

Sebelumnya dalam rapat kerja bersama dengan Komisi Keuangan DPR, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapan adanya laporan terkait desa fiktif tersebut. Dia mengatakan desa tersebut mendapat jatah dana desa namun nyatanya tak berpenduduk.

Desa yang fiktif tersebut muncul diduga sebagai modus supaya bisa mendapat bagian dan memanfaatkan dana desa.

Menurut Sri Mulyani, ini bisa muncul sejalan tugas ajek pemerintah yang hanya menyalurkan dana desa ke kepada desa tanpa peninjauan lebih ketat.

www.tempo.co