JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Mau Tahu Berapa Jumlah Bidang Tanah di Wonogiri? Simak Penjelasan ini, Ada Pula Pembahasan Soal Sasaran PTSL 2020

Sosialisasi PTSL Wonogiri 2020
Sosialisasi PTSL Wonogiri 2020

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kementrian Agraria dan Tataruang/Badan Pertanahan Nasional telah meluncurkan layanan pertanahan secara elektronk. Di antaranya mengenai pelayanan hak tanggungan secara digital/elektronik.

Proses pelayanan ini adalah dalam rangka pemeliharaan data pendaftaran tanah melalui elektronik yang terintegrasi. Seiring dengan pelayanan di bidang pertanahan, pemerintah berkomitmen untuk memberikan jaminan kepastian melalui pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL).

Fakta itu mengemuka dalam sosialisasi PTSL 2020, optimalisasi penerimaan asli daerah melalui pajak BPHTB dan hak tanggungan elektronik di Kabupaten Wonogiri, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Kamis (7/11/2019).

Sekda Wonogiri Suharno mengatakan, ada harapan besar dengan dilaksanakan program ini. Yakni murni atas keterbukaan, ketepatan waktu, kecepatan, kemudahan dan keterjangkauan. Langkah ini merupakan bentuk penyesuaian perkembangan hukum dan teknologi informasi, demi meningkatkan efektifitas dan efisiensi dan meningkatkan layanan hak tangunggan dalam bentuk pelayanan elektronik.

Baca Juga :  12 Warga Kecamatan Karangtengah Wonogiri Terjaring Razia Masker, Akhirnya Hal ini yang Dilakukan Tim Gabungan

Capaian program PTSL tahun 2019 sangat baik, dan akan dilanjutkan di tahun 2020. Besar harapan target akan tercapai, jajaran pertanahan menyebutkan dari 25 Kecamatan se-Kabupaten Wonogiri terdapat jumlah bidang terdaftar ada 559.839. Jumlah bidang yang belum terdaftar masih ada 23.833, jumlah bidang tanah terdaftar terpetakkan ada 319.565, sedangkan jumlah bidang tanah terdaftar belum terpetakkan atau K4 ada 215.717.

Baca Juga :  Tak Hanya Siang, Razia Masker di Kecamatan Nguntoronadi dan Purwantoro Wonogiri Digelar Malam Hari

Program PTSL tahun 2020 direncanakan di 4 kecamatan dan 48 desa/kelurahan. Meliputi Kecamatan Batuwarno ada 8 desa, Kecamatan Eromoko ada 15 desa dan kelurahan, Kecamatan Jatiroto 15 desa dan kelurahan, Kecamatan Kismantoro ada 10 desa dan kelurahan.

Kegiatan tersebut dipimpin Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Wonogiri Abdul Azis, Dandim 0728 Wonogiri Letkol Inf M. Heri Amrulloh melalui Danramil Wuryantoro Kapten Inf Joko Susilo, Asisten Perekonomian dan Administrasi Bambang Haryadi, Kabag Ren Polres Wonogiri Kompol Sayid, Kasubag Bag Bin Kejari Agus Sudarmanto, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah Kabupaten Wonogiri Stefanus Pranowo. Aria