loading...
Loading...
Kontingen SMK Citra Medika Sragen saat berpose bersama dengan penghargaan yang diborong di Lomba Kompetensi Siswa (LKS) di Solo. Foto/Istimewa

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – SMK Citra Medika Sragen kembali mengukir prestasi mengagumkan di ajang kejuaraan tingkat nasional. Tak tanggung-tanggung 6 piala kejuaraan berhasil diraih dengan total uang pembinaan sebesar 17,5 juta.

Raihan fenomenal itu dicapai dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) yang digelar di Solo, kemarin. Bahkan di bidang farmasi, juara tiga besar diborong oleh SMK Citra Medika Sragen.

Lomba tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Direktorat pembinaan SMK Kemendikbud dan Persemki (Persatuan SMK Kesehatan Indonesia) yang sekaligus merayakan hari Ulang Tahun yang ke-4 ini, diikuti oleh seluruh SMK Kesehatan di Indonesia.

Pesertanya berasal dari berbagai provinsi di Indonesia. Beragam lomba yang digelar antara lain, Lomba Duta SMK Kesehatan Nasional, Lomba Wirausaha Muda, serta Lomba Kompetensi Siswa (LKS) jurusan Farmasi, Keperawatan dan TLM.

Ada yang berbeda dalam penyelenggaraan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat nasional tahun ini. Jika pada tahun sebelumnya, peserta yang diambil hanya dari juara tiga besar dari perlombaan di tingkat provinsi, tahun ini Persemki memberikan kesempatan untuk siswa-siswi SMK Kesehatan di seluruh Indonesia yang juga berkompeten di bidang Farmasi,  Keperawatan dan TLM untuk dapat mengikuti lomba LKS melalui jalur audisi.

Ada 1.500 Peserta jalur audisi yang lolos 20 besar di babak ini memiliki kesempatan untuk bersaing dengan peserta-peserta tiga besar di tingkat propinsi dalam memperebutkan gelar juara nasional.

Tidak hanya itu, nantinya juga akan dipilih juara tiga besar yang memperoleh nilai paling tinggi di masing-masing regional.

Dalam perlombaan LKS ini, siswa-siswi jurusan Farmasi memborong piala kejuaraan. Tidak tanggung-tanggung juara 1, 2, dan 3 untuk LKS tingkat nasional semuanya diraih oleh siswa-siswi SMK Citra Medika Sragen yang lolos lomba tingkat provinsi dan jalur audisi.

Baca Juga :  Kisah Korban-Korban Ritual Mesum Berujung Maut di Gunung Kemukus Sragen saat Malam Jumat Keramat. Rata-rata Tewas Usai Kencan, Ada Yang Pakai Obat Kuat!

Ketiga siswa-siswi berprestasi tersebut adalah Hanan Mudhiah, Nova, dan Mutiara yang saat ini duduk di bangku kelas XII Farmasi.

Tidak hanya itu, juara 1 lomba LKS Farmasi Regional juga diraih SMK Citra Medika Sragen yang diwakili Endang, siswi kelas XII Farmasi.

Tidak ketinggalan dengan jurusan Farmasi, di bidang Keperawatan juga menyumbang piala juara 1 untuk lomba LKS tingkat nasional yang diwakili oleh Jazhera Ayuke, siswi kelas XII Keperawatan.

Diniah Apriyani, selaku guru pembimbing Farmasi sangat terkejut dan bersyukur dengan pencapaian yang telah diperoleh.

“Alhamdulillah, sangat tidak menyangka. Awalnya hanya selalu memotivasi siswa untuk memberikan yang terbaik. Apapun hasilnya itu tidak menjadi masalah, yang terpenting adalah harus selalu berusaha memberikan yang terbaik sesuai kemampuan. Tapi, ini malah saya dikejutkan dengan anak-anak yang ikut audisi ternyata semangatnya juga tidak kalah luar biasa dengan Hanan yang memang lebih dulu lolos lomba di tingkat provinsi. Bahkan, siswa-siswi kami yang lolos 20 besar ada 12 siswa. Lebih terkejut lagi ketika diumumkan untuk juara tiga besar semuanya dari SMK Citra Medika Sragen. Bahkan, yang juara regional juga dari SMK Citra Medika Sragen. Tadi rasanya terharu sekaligus merinding ketika siswa-siswi kami dipanggil untuk menerima piala,” tandas Diniah dengan berkaca-kaca.

Sapu bersih juara 3 di Kelompok Farmasi. Foto/Istimewa

Tidak hanya untuk lomba LKS, SMK Citra Medika Sragen juga berjaya dalam perlombaan wirausaha muda. SMK Citra Medika Sragen yang diwakili oleh Bela Safitri, siswi kelas XI Farmasi yang membuat ide bisnis dengan judul “Face Spray Saffron dan Aloevera” berhasil meraih juara 1 tingkat nasional sebagai wirausaha muda.

Baca Juga :  Kecelakaan Maut Mobil Dinas Pemkab Sragen Gasak 2 Motor di Nglorog. Satu Korban Tewas, Satu Patah Kaki 

Bela mengombinasikan antara minyak lidah buaya dan saffron (rempah dari biji bunga acar) yang sangat bagus digunakan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

Dian Dwi & Eni, selaku guru pembimbing untuk pembuatan produk keratif merasa bangga dan bersyukur atas kemenangan Bela.

“Alhamdulillah, sangat luar biasa. Sebuah ide kreatif, semangat, dan kerja keras akhirnya bisa mengantarkan menjadi juara tingkat nasional. Semoga pencapaian ini dapat menumbuhkan semangat anak untuk menjadi wirausaha muda yang sukses,” tandasnya.

Kepala SMK Citra Medika Sragen, Nano Priyanto mengapresiasi positif dan bangga dengan apa yang diraih anak didiknya tersebut. Menurutnya pencapaian prestasi itu sangat luar biasa.

“Alhamdulillah, ini merupakan pencapaian yang luar biasa. Tidak menyangka anak-anak bisa memiliki semangat yang luar biasa. Saya begitu bangga dengan keberhasilan yang diraih. Terima kasih untuk para guru pembimbing yang juga sudah bekerja keras. Semoga ke depannya SMK Citra Medika Sragen dapat terus menghasilkan putra-putri yang berprestasi dan berakhlakhul karimah. Amin,” tandasnya. Wardoyo

Loading...