JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Terungkap, Begini Cara Mengembangkan Pariwisata di Kecamatan Pracimantoro Wonogiri

Rakor pengembangan wisata di Pracimantoro, Wonogiri.
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Rakor pengembangan wisata di Pracimantoro, Wonogiri.

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pengembangan sektor pariwisata menjadi materi yang mengemuka dalam rapat koordinasi lintas sektoral di Kecamatan Pracimantoro, Selasa (5/11/2019).

Camat Pracimantoro Warsito menyoroti tentang pariwisata se-Kecamatan Pracimantoro. Pengembangan sektor pariwisata salah satunya ditempuh melalui pemberdayaan komunitas masyarakat. Pemberdayaan komunitas masyarakat dalam hal ini akan berdampak pada keuntungan berbagai pihak.

Baca Juga :  Fakta ini yang Terjadi Hingga Musda Partai Golkar Wonogiri Batal Digelar

“Juga mendatangkan wisatawan dan dapat menguntungkan masyarakat yang tinggal di daerah wisata,” kata dia.

Contoh riilnya jelas dia, melalui mengikutsertakan komunitas masyarakat dalam mengelola obyek wisata. Misalnya penyediaan aneka kuliner dan handycraft khas, pemandu wisata, dan sejenisnya.

“Pengembang sektor pariwisata tentunya akan memiliki nilai manfaat dalam pembangunan,” tandas dia.

Soal obyek wisata di Pracimantoro dia menyebutkan cukup banyak. Misalnya Museum Karst Indonesia, Gua Putri Kencono, serta aneka gua dan jalur Bengawan Solo Purba.

Baca Juga :  Hartanto-Joko Purnomo Alias Harjo Bakal Tantang Bupati Jekek di Pilkada Wonogiri, Namun Bekal Kursi di Parlemen Masih Kurang

Rapat juga dihadiri Danramil 13/Pracimantoro Kapten Cba Budi Waluyo, Kepala SLTP dan SLTA se-Kecamatan Pracimantoro, Kepala Desa/Lurah se-Kecamatan Pracimantoro, Dinas/Instansi Kecamatan Pracimantoro dan Kepala UPTD Puskesmas Pracimantoro I dan II. Aria