JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Peringati Hari Antikorupsi, Ratusan Siswa SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo Uji Nyali

Sebanyak 117 siswa SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta memperingati Hari Antikorupsi Sedunia di Yayasan Amal Bakti Sudjono dan Taruno Pembinaan Anak Yatim Fakir Miskin Dukuh Surobayan, Jetis, Sukoharjo, Senin, 9 Desember 2019. Istimewa
Sebanyak 117 siswa SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta memperingati Hari Antikorupsi Sedunia di Yayasan Amal Bakti Sudjono dan Taruno Pembinaan Anak Yatim Fakir Miskin Dukuh Surobayan, Jetis, Sukoharjo, Senin, 9 Desember 2019. Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanyak 117 siswa SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta memperingati Hari Antikorupsi Sedunia di Yayasan Amal Bakti Sudjono dan Taruno Pembinaan Anak Yatim Fakir Miskin Dukuh Surobayan, Jetis, Sukoharjo, Senin, 9 Desember 2019.

Gerakan ini adalah bentuk komitmen sekolah pendidikan karakter berbasis teknologi informasi komunikasi dan budaya.

Di antara 5 nilai utama karakter ialah nasionalisme, integritas, kemandirian, gotong royong, dan religius. Kelima hal tersebut berdasarkan nilai-nilai Gerakan Nasional Revolusi Mental (GRNM).

Karakter merupakan ciri khas seseorang, ditunjukkan melalui cara bersikap, berperilaku, bertindak untuk hidup dan bekerjasama, baik dalam lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat, dibutuhkan untuk masa depan, generasi emas bangsa Indonesia.

Baca Juga :  Putra Sulung dan Menantu Presiden Jokowi Maju Pilkada Serentak 2020, Ini Perbandingan Harta Kekayaan Gibran dan Bobby, Tajir Siapa?

Koordinator panitia Dyah Ayu Ratnaningsih, SE, SPd menyatakan gerakan ini menjadi perwujudan program sekolah.

“Penting sekali kita mengajarakan anak-anak kekinian yang cerdas, berkualitas, dan berakhlak mulia, dengan outbound kita bisa 4B, belajar, bermain, berkarya dan berbagi” ujar Ayu.

Ayu menyebutkan, 4 ember besar, 2 kipas angin, 2 setrika, 5 lusin hanger, setiap anak minimal membawa 3 buku dan 2 amplop dari wali murid.

Sementara itu, Yumna Azalia kelas 4A menyampaikan bahwa, kekuatan berbagi akan membuat kita mengerti bahwa hidup tidak sendiri.

“Berbagi dan peduli kepada sesuatu yang disukai sehingga hati tergetar karena-nya, Kekuatan berbagi sungguh indah sekali. Alangkah indahnya bila kita bangsa Indonesia selalu berbagi kepada sesama,” ungkapnya dalam rilis, Selasa (10/12/2019).

Baca Juga :  Tanding Tenis Meja SD Muh 1 Vs SD Muh 2 Solo, Cara Jalin Silaturahmi dan Persaudaraan Kedua Sekolah

Selain renang, peserta juga mendapatkan beragam materi dari 30 outbond. Mulai dari senam, meniti jembatan bambu, serta bermain tali dan bola.

“Tadi pagi anak-anak mendapat ilmu dari ketua Yayasan Drs. Syahri al Husin MS, seluruh aktivitas adalah ngaji, sebagai umat muslim tangan di atas lebih baik dari pada tangan dibawah, anak-anak di komplek yayasan dilatih produktivitas mengenal tanaman, buat bibit cabe, tomat dan ternak kambing, kami memadukan materi agama dan juga pendidikan karakter melalui outbond,” disarikan Jatmiko, wakil kepala sekolah bidang Humas. Triawati PP