JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

SMA Negeri 1 Gianyar Bali Rebut Gelar Juara Umum Kejurnas Silat Perisai Diri Piala Sultan Hamengku Buwono X

Pelajar SMA dan SMP dari Gianyar, Bali memborong medali terbanyak pada Kejuaraan Nasional Pelajar Silat Perisai Diri V yang digelar di GOR Sritex Arena, Solo, 18 - 22 Desember 2019. Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWA.COM– Pelajar SMA dan SMP dari Gianyar, Bali memborong medali terbanyak pada Kejuaraan Nasional Pelajar Silat Perisai Diri V yang digelar di GOR Sritex Arena, Solo, 18 – 22 Desember 2019.

Kontingen SMAN 1 Gianyar  menjadi Juara Umum I dan berhak merebut Piala Bergilir Sultan Hamengku Buwono X dengan mendulang 6 medali emas, 2 perak, dan 6 perunggu.

Kejurnas silat yang diikuti oleh 1.371 pesilat dari berbagai sekolah di seluruh provinsi Indonesia itu ditutup secara resmi oleh Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo.

“Saya berterima kasih Solo dijadikan ajang kejurnas silat. Dengan demikian Solo sebagai kota budaya makin dikenal para pelajar di seluruh Indonesia. Selain itu, bagi para pelajar prestasi di silat juga harus diimbangi prestasi di sekolah,” urai Walikota Solo saat menyampaikan kalimat penutupan, Minggu (22/12/2019).

Sementara itu menempati posisi Juara Umum II adalah  SMAN 1 Cikalong Wetan  dengan 3 emas,  3 perak, dan 1 perunggu. Peringkat ketiga diduduki SMAN 2 Tabanan dengan 3 emas, 1 perak, dan 1 perunggu. 

Pesilat terbaik Putra SMA disandang oleh I Gede Dewa Indra Widiarta dari SMAN 2 Tabanan dan Pesilat Terbaik Putri oleh Sapna Alfitri Utami dari SMAN 5 Palembang.

Baca Juga :  Gerak Cepat, Gibran Akan Temui Tokoh-tokoh Usai Hadiri Penetapan Pemenang Pilpres di KPU Besok

Pertarungan menarik terjadi di Kelas E Putri (55-60 kg) antara Aurum Nameerah Marsya Aida dari SMAN 4 Bandung melawan  Cucu Mustikawati dari SMA Krinci Kanan, Siak, Riau. Aurum mengandalkan serangan supit udang maupun tangkapan yang dilanjutkan bantingan. Tercatat dua kali Aurum menjatuhkan Mustikawati sehingga ia berhak menggondol medali emas.

“Saya merangkap bertanding di dua nomor. Pada pertarungan bebas di Kelas E dan juga di pertarungan serang hindar. Bersyukur dapat dua medali emas. Saya merasa senang dengan komunitas silat Perisai Diri,” tutur Aurum.

Di kelompok Usia Dini (SD) SD Insan Cendekia Mandiri, Sidoarjo, Jawa Timur menjadi yang terbaik dengan mengumpulkan 13 emas, 6 perak,dan 8 perunggu dan berhak memboyong Piala Bergilir Kanjeng Gusti Aria Adipati (KGPAA) Pakualam X.

Posisi kedua diduduki SD Kertasari dengan 12 emas, 3 perak, dan 2 perunggu. Sementara tempat ketiga di tangan SD Islam Ukuwah, Pandaan, Jawa Timur dengan 8 emas, 2 perak, dan 2 perunggu.

Baca Juga :  Mangkunegara X Jadi Salah Satu Calon Walikota Solo Paling Dominan, Gibran Sebut Akan Ada Kejutan

Juara Umum I kelompok Pra Remaja (SMP) direbut oleh SMPN 1 Gianyar yang mengantongi  3 emas, 2 perak, dan 2 perunggu dan berhak membawa Piala Bergilir KGPAA Pakualam IX. 

Tempat kedua diduduki SMP Insan Cendekia Mandiri dengan  3 emas, 2 perunggu. Dan tempat ketiga disabet oleh SMPN 18 Kota Tasikmalaya dengan 3 emas. Triawati PP

Perolehan medali:
Usia Dini (tingkat SD)

  1. SD Insan Cendekia Mandiri, Sidoarjo 13 6 8
  2. SD Kertasari 12 3 2
  3. SD Islam Ukuwah, Pandaan 8 2 2

Pesilat Terbaik SD:
Putra Agist Satria Akbar SDN 1 Sindurejo, Grobogan
Putri Desak N Sriyunita SDN 6 Gianyar, Bali

Pra Remaja (SMP)

  1. SMPN 1 Gianyar, Bali 3 2 2
  2. SMP Cendekia Mandiri Sidoarjo 3 0 2
  3. SMPN 18 Kota Tasikmalaya 3 0 0

Pesilat Terbaik SMP:
Putra Ronaldo Tri Agustinus SMP Setia Darma
Putri Ni Putu Arya Taru Jati SMPN 1 Sukawati

Remaja (SMA)

  1. SMAN 1 Gianyar, Bali 6 2 6
    2.  SMAN 1 Cikalong Wetan 3 3 1
  2. SMAN 2 Tabanan, Bali 3 1 1

Pesilat Terbaik SMA:
Putra I Dewa Gede Indra Widiarta SMAN 2 Tabanan
Putri Sapna Alfitri Utami SMAN 5 Palembang

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com