JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Terungkap, Ternyata Paradigma Pengawasan Internal Pemkab Sukoharjo Telah Berubah. Begini Penjelasannya

Panwasda Sukoharjo. Dok. Humas Pemkab Sukoharjo

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Pemkab Sukoharjo menggelar rapat dinas Gelar Pengawasan Daerah (Larwasda) Kabupaten Sukoharjo Tahun 2019.

Acara yang dilaksanakan di di Hotel Tosan Solo Baru Kecamatan Grogol, Rabu (18/12). Acara dihadiri Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah, Inspektur Provinsi Jawa Tengah, Ketua DPRD Kabupaten Sukoharjo Wawan Pribadi, para Asisten Sekda, Kepala OPD, serta Camat, Kepala Desa/Kelurahan, Kepala SD dan SMP obyek pemeriksaan sampel tahun 2018 serta para inspektur pembantu wilyah I, II, III Kasubag Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan (P2UPD), auditor dan fungsional umum pada Inspektorat Kabupaten Sukoharjo.

Baca Juga :  Wajib Tahu Ini Ancaman Hukuman Pelaku Aksi Balap Lari Liar di Jalanan, Bisa Dipidana 18 Bulan Atau Denda 1,5 M

Bupati mengungkapkan, penyelenggaraan pemerintahan daerah dilakukan melalui fungsi- fungsi organik manajemen pemerintahan. Meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi, dalam rangka pencapaian sasaran dan tujuan secara efektif dan efisien.

“Paradigma pengawasan internal saat ini telah berubah dari sekedar menemukan penyimpangan saja. Namun mengarah komposisi yang lebih luas yaitu pada efektifitas pencapaian visi, misi dan tujuan organisasi, mendorong pelaksanaan pengawasan ke arah pemberian nilai tambah yang optimal dalam rangka perbaikan kinerja menyeluruh,” ungkap Bupati melalui laman resmi Pemkab Sukoharjo, Jumat (20/12/2019).

Sementara itu, laporan penyelenggara oleh Sekretaris Inspektorat Kabupaten Sukoharjo Rudiyanto, mengatakan dalam rangka meningkatkan budaya pengawasan pemerintah daerah. Maka perlu memasyarakatkan hasil pengawasan aparat fungsional melalui gelar pengawasan daerah dengan harapan penyelenggaraan gelar pengawasan daerah dapat mendorong peningkatan kesadaran aparatur pemerintah terhadap pentingnya pengawasan. Sekaligus meningkatkan peran segenap aparat terhadap penyelenggaraaan pengawasan itu sendiri.

Baca Juga :  Ngeri, Pasien Meninggal Karena Corona Bertambah 2 Menjadi 22, Jumlah Kasus Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Sukoharjo Kini Melonjak Mencapai Angka 548

“Maksud rapat larwasda untuk memaparkan hasil pengawasan oleh aparat pengawasan fungsional di lingkungan Pemda Sukoharjo serta bertujuan untuk mensosialisasikan hasil pemeriksaan kepada seluruh OPD sehingga dapat memahami kegiatan pengawasan oleh Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dengan hasil rekomendasi dan tindaklanjutnya,” jelas dia. Aria