JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Tewaskan Satu Warga, 70 Sarang Tawon Vespa di Sragen Dimusnahkan. Dua Warga Sempat Tersengat, Satu Dilarikan ke Rumah Sakit

Tim SAR Poldes Masaran saat mengevakuasi sarang tawon maut di dukuh Dukuh, Tenggak, Sidoharjo, Minggu (2/12/2018) malam. Foto/Wardoyo
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM   Puluhan sarang tawon Vespa Affinis atau lebih dikenal sebagai tawon ndas di sejumlah wilayah di Sragen, dimusnahkan dalam dua bulan terakhir.

Banyaknya insiden serangan tawon yang merenggut korban jiwa di beberapa daerah, membuat warga yang mengetahui keberadaan sarang, langsung merespon dengan melapor agar dimusnahkan.

Di Sragen, serangan tawon Ndas telah merenggut satu korban jiwa asal Desa Tenggak Sidoharjo dan melukai dua warga asal Jenggrik Kedawung dan Gading Tanon.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sragen mencatat, selama Oktober-November ada 42 sarang tawon Vespas yang dimusnahkan.

Di antaranya 18 sarang tawoni di bulan November dan di Bulan Oktober, ada 24 sarang yang juga dihancurkan lantaran membahayakan warga sekitar.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Pusat Pengendali Operasi (pusdalops) BPBD Sragen, serangan tawon Vespa itu terjadi di 8 kecamatan di Sragen. Menurut jumlah sebaran, serangan tawon Vespa ini paling banyak ditemukan di Kecamatan Sidoharjo dan Karangmalang.

“Di bulan ini saja, sampai hari ini sudah ada 18 laporan kejadian serangan tawon Vespa. Bulan Oktober ada 23 laporan. Beruntung tidak ada korban serius. Hanya ada satu korban yang kemarin sempat dibawa ke rumah sakit akibat kurang lebih 30 luka sengatan tawon di sekujur tubuh,” kata Kepala Pelaksana BPBD Sragen, Sugeng Priyono kepada wartawan kemarin.

Baca Juga :  Terungkap, Misteri Uang Rp 80 Juta di Mobil Pejabat Dinas Pertanian Sragen Yang Digasak Rampok Ternyata Bukan Uangnya Sendiri. Rencananya Besok Mau Dibagi ke Petani!

Sugeng menguraikan korban sengatan tawon Vespa tersebut bernama Sugiman (64), warga Dukuh Terban, Desa Jenggrik, Kecamatan Kedawung.
Korban diserang kawanan tawon Vespa, saat sedang bersih-bersih kebun di belakang rumahnya.

“Tidak sengaja menyenggol sarang hingga diserang kawanan tawon. Oleh warga dibawa ke RSI Amal Sehat. Saat kami cek di rumah sakit, kondisinya drop dengan kurang lebih 30 bekas sengatan di sekujur tubuh,” terang Sugeng.

Karena cepat dibawa ke rumah sakit, kondisi korban berangsur membaik dan sudah diperbolehkan pulang.

Sugeng melanjutkan, seluruh laporan sengatan tawon Vespa ini sudah ditindaklanjuti dengan melakukan evakuasi sarang tawon. Pihaknya menghimbau agar warga yang menemukan sarang tawon agar segera melapor.

“Kami harapkan segera lapor ke petugas. Kami akan tindak lanjuti supaya tidak jatuh korban,” imbuhnya.

Ia berharap warga yang rumah atau lingkungannya terdapat sarang tawon Vespa, agar melapor ke BPBD. Ia mengimbau warga tak mencoba mengevakuasi sendiri lantaran berbahaya bagi keselamatan.

Sebelumnya, serangan tawon Vespa juga telah merenggut satu nyawa ibu-ibu di Tenggak, Sidoharjo, Sragen yang tewas setelah diserang ratusan tawon Ndas setahun silam.

Data di PMI Sragen, sengatan tawon vespa itu menimpa Mbah Waliyem di Dukuh Tritis, Gading, Tanon belum lama ini. Jika ditotal dari bulan Oktober hingga awal Desember, jumlah sarang tawon ndas yang sudah dimusnahkan mencapai 70an sarang.

Baca Juga :  Kerabat Suspek Meninggal asal Plupuh Sragen Tegaskan Hasil Swab dari RS Menunjukkan Negatif Covid-19. Sekda Tegaskan Suspek Belum Tentu Positif, Warga Diminta Tak Resah Atau Menjauhi!

“Saat ini tim dari PMI dan BPBD terus melakukan evakuasi terhadap sarang tawon vespa yang dilaporkan warga,” papar Kepala Markas PMI Sragen, Wahdadi.

Di sisi lain, pemusnahan sarang tawon Ndas juga dilakukan oleh relawan gabungan baik BPBD, PMI maupun Poldes Masaran. Wardoyo

Berikut Sebagian Temuan Sarang Tawon Vespa Yang Dimusnahkan Beberapa Hari Terakhir:

1. Sepat Rt.35.Sepat ,Masaran (Kebun Bp.Prapto)
2. Bunder,Rt.10.KedungWaduk,Karangmalang(Rumah Bp.Heri)
3. Guwosari Rt.15,JurangJero,Karangmalang(Kebun Bp.Sri Widiyanto)
4. GuwoSari Rt,15,JurangJero,KarangMalang(Kebun Bp.Sri Widiyanto)
5. Saradan Rt.05,Saradan,KarangMalang (Rumah Ibu.Sukinem)
6. Saradan Rt.05,Saradan,KarangMalang(Rumah Bp.Supriyanto)
7. Mungguran Rt.05,Wonokerso,Kedawung(Kebun Bp.Mulyono)
8. Nglombo Rt 03,Tenggak,Sidoharjo(Rumah Bp.Feru)
9. Cermo Rt 11,Sribit,Sidoharjo(Kebun,Bp.Ngatino)
10. Bulak Rt,08,Taraman,Sidoharjo(Rumah Bp.Kosar)
11. Jagan Rt.02,GetanBanaran,Plupuh(Kebun Bp.Daryono)
12. Dungus Rt 11,Karanganyar,Plupuh(Kebun Bp.Maryanto)
13. Dk. Ngamban RT 07 Ds. Gawan Kec. Tanon Kab. Sragen (Bapak Manto)
14. Dk. Tritis RT 21 Ds. Gading Kec. Tanon Kab. Sragen (Korban Mbah Waliyem)
15. Dk. Ngasem RT 11 Ds. Karangtalun Kec. Tanon Kab. Sragen
16. Dk. Pilngsari RT 32 Ds. Ketro Kec. Tanon Kab. Sragen
17. Dk. Karangbale RT 06 Ds. Majenang Kec. Sukodono Kab. Sragen (Bapak Darji Purwanto)
18. Dk. Harjosari RT 02 Ds. Majenang Kec. Sukodono Kab. Sragen (Bapak Arief Condro Sukmono)

Data: PMI Sragen