JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Desa di Lereng Gunung Lawu Karanganyar Ini Bakal Punya Aplikasi untuk Setiap Warganya. Semua Informasi termasuk KK Miskin Bisa Diakses Cukup dari HP

Gunung Lawu. Foto/Istimewa

gununglawu
Gunung Lawu. Foto/Istimewa

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar menetapkan Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso sebagai pilot project smart village. Program yang dirintis dengan menggandeng PT Telkom itu dijadwalkan akan mulai diimplementasikan pada medio Februari-Maret 2020.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengatakan, program itu merupakan implementasi dari pemanfaatan teknologi dalam aktivitas pemerintahan desa. Terkait akses pelayanan publik, potensi desa, dan data-data mengenai desa dapat diakses oleh masyarakat melalui aplikasi.

Ia menguraikan melalui aplikasi ini masyarakat juga dapat berperan aktif terkait pengawasan jalannya pemerintahan desa. Semisal dalam upaya pengentasan kemiskinan, masyarakat sekitar bisa ikut mengawasi apakah yang bersangkutan layak dikategorikan sebagai warga miskin.

Baca Juga :  13 Ekor Sapi Raksasa Hebohkan Karanganyar, Ternyata Ini Yang Terjadi

“Sehingga tidak ada alasan bagi siapapun yang membutuhkan pelayanan publik harus bertemu dengan kepala desa,” katanya kepada wartawan kemarin.

Meskipun baru Desa Kemuning yang menjadi pilot project smart village didampingi pihak Telkom, ia berharap semua desa dan kelurahan kedepannya bisa menerapkan hal yang sama.

Baca Juga :  Vaksin Sinovac Jatah Karanganyar Sudah Tiba. Besok Mulai Didistribusikan ke Puskesmas- Puskesmas, Jumlahnya 6.960 Dosis

Manager Goverment Enterprice Telkom Solo, Achmad Yusuf Zen mengatakan, dalam program smart village terdapat tiga pilar yakni smart governance, smart bussines dan smart society.

“Aplikasinya nanti ada di masing-masing smartphone milik warga, nantinya terhubung ke dash board (pusat kontrol) di desa kemudian terhubung ke kecamatan dan kabupaten,” ujarnya.

Adapun implementasi dari smart village di Desa Kemuning direncanakan akan dimulai pada Februari-Maret 2020.. Wardoyo