JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Disodori 2 Calon, Jokowi Dikabarkan Bakal Lantik Daniel Yusmic Jadi Hakim MK

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan bakal melantik dosen Fakultas Hukum Unika Atma Jaya, Daniel Yusmic Pancastaki Foekh sebagai Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) menggantikan I Dewa Gede Palguna.

Demikian dikatakan oleh Staf Khusus Presiden Bidang Hukum, Dini Shanti Purwono lewat pesan singkat, Selasa (7/1/2020).

Dini menyatakan belum mengetahui pertimbangan Presiden Jokowi memilih Daniel ketimbang dua tokoh lain yang telah diserahkan oleh panitia seleksi, yakni mantan Komisioner Komisi Yudisial periode 2013-2015, Suparman Marzuki dan anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Ida Budhiati.

Baca Juga :  KPU Sahkan Perubahan Peraturan Kampanye Pilkada dalam Masa Pandemi: Konser Musik hingga Kegiatan Perlombaan Dilarang, Ngeyel akan Langsung Dibubarkan

Namun Dini menjelaskan, semua bisa saja berubah di detik-detik terakhir. Ia mengaku hingga Senin malam tadi belum ketahuan siapa yang dipilih Jokowi.

“Semalam saya cek belum ketahuan siapa yang akan dipilih di antara tiga calon itu. Karena sampai sebelum pelantikan seperti biasa nama bisa saja berubah last minute,” kata Dini.

Baca Juga :  Puluhan Pegawainya Mundur, KPK Masih Menganggap Hal Wajar

Dua hakim MK, I Dewa Gede Palguna dan Suhartoyo selesai masa jabatannya untuk periode 2015-2020. Palguna tidak bisa menjabat lagi karena sudah menjadi hakim MK dalam dua periode.

Adapun Suhartoyo kembali diusulkan oleh Mahkamah Agung untuk kembali menjadi Hakim MK lima tahun ke depan.

www.tempo.co