JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Wonogiri Siaga Bencana, Libatkan TNI Polri SAR PMI Linmas dan Semua Elemen Masyarakat, Begini Strateginya

Bupati Joko Sutopo mendengarkan penjelasan perkataan kebencanaan Kodim 0728 Wonogiri. Dok. Pendim 0728

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kalangan TNI Polri SAR PMI Linmas dan semua elemen masyarakat di Wonogiri mengikuti Apel Kesiapsiagaan Bencana Kabupaten Wonogiri Tahun 2020. Apel digelar di Alun-alun Giri Krida Bakti Wonogiri, Selasa (7/1/2020).

Dalam apel tersebut, adapun pejabat komandan apel dijabat oleh Pasiter Kodim 0728/Wonogiri Kapten Inf Moch. Sambudi dan perwira Alapel dijabat oleh Pasipers Letda Ctp May Indra Purnomo. Sedangkan pimpinan apel Bupati Wonogiri Joko Sutopo.

Bupati menerangkan, segenap unsur pemerintah, TNI, Polri, Satpol PP, BPBD, Linmas, PMI, Tim SAR, , Satgas Lintas Organisasi, dan seluruh organisasi yang memiliki satuan siap-siaga bencana di Kabupaten Wonogiri menunjukkan komitmen dalam menghadapi kerawanan bencana yang mungkin muncul.

Baca Juga :  Kapolres Wonogiri AKBP Christan Tobing Tegaskan Tak Benar Kabar Salah Satu Paslon Datang Diiringi Ribuan Massa ke Kantor KPU, Dipastikan Pula Tak Ada Konvoi

Bencana alam kekurangan air melanda Kabupaten Wonogiri pada musim kemarau, yang menimbulkan kerawanan kebakaran pemukiman warga dan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Sedangkan pada musim penghujan, banjir, tanah longsor, angin ribut, pohon tumbang, mengakibatkan kerusakan pada sarana publik, maupun ranah pribadi, yang tentunya harus terus diwaspadai.

“Beberapa hal saya tegaskan sebagai langkah dan strategi tanggap darurat sebagai berikut. Penyampaian informasi perkembangan cuaca setiap hari dan secara periodik setiap ada perkembangan cuaca melalui jajaran birokrasi, relawan dan media. Penyiapan personil secara terpadu dengan melibatkan OPD teknis unsur TNI POLRI unsur relawan FPRB relawan desa dan dunia usaha,” jelas dia.

Selanjutnya penyiapan peralatan tanggap bencana yg dimiliki oleh OPD teknis, TNI, POLRI, relawan dan pengusaha. Penyiapan logistik kebutuhan dasar korban dampak bencana. Selanjutnya sebagai penguatan prinsip mitigasi bencana di Kabupaten Wonogiri, dilakukan strategi pengurangan resiko bencana. Meliputi pemetaan daerah rawan bencana, rasilitasi pembentukan desa tangguh bencana di seluruh wilayah kabupaten.

Baca Juga :  Dari Layanan KB Gratis di Puskesmas Giriwoyo 1 dan 2 Wonogiri Sukses Jaring 32 Akseptor, ini Perinciannya

Selanjutnya peningkatan kapasitas relawan, gerakan mitigasi bencana melalui bersih bersih sungai, penghijauan, sosialisasi dan edukasi penanggulangan bencana melalui sekolah dan masyarakat. Melakukan simulasi secara rutin dan berkelanjutan sesuai prioritas ancaman bencana.

Kegiatan dihadiri pula Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf Imron Masyhadi, , Kapolres Wonogiri AKBP Cristian Tobing, Kasiterrem 074/Warastratama Letkol Caj Achsin, Wakil Bupati Edi Santoso. Aria