JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Flyover Purwosari Segera Dibangun, Target Selesai Tahun Ini, 377 Pohon Akan Ditebang

Iustrasi Flyover. Triawati

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo segera mulai pembangunan fly over Purowsari. Penandatanganan kontrak pembangunan flyover yang menelan biaya Rp 100 miliar tersebut akan dilakukan Rabu (8/1/2020).

Sebelumnya, Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo bersama jajaran dan stakeholder terkait telah menggelar rapat koordinasi terkait persiapan pembangunan flyover Purwosari Senin (6/1/2020) siang. Penandatanganan kontrak kerja sendiri akan dihadiri pihak terkait yang terdiri dari Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.6 Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Kementerian PUPR, penyedia jasa PT. Wijaya Karya Persero, konsultan PT. Sarana Multi Daya, Pemkot Solo dan stakeholder terkait.

Baca Juga :  Rumah Makan MakanKu Usung Menu yang Cocock Kondisi Pandemi Covid-19. Dapat Pujian dari Kapolda Maupun Gubernur Jateng

“Penandatanganan kontrak pembangunan Flyover Purwosari nanti tanggal 8 Januari di Loji Gandrung. Dengan pembangunan flyover Purwosari diharapkan kemacetan di masa yang akan datang sudah terurai,” ujar Rudy, Selasa (7/1/2020).

Terkait rencana pembangunan flyover sendiri, Pemkot Solo harus menebang sekitar 377 batang pohon dari berbagai jenis tanaman di jalur hijau sisi selatan dan utara dari Simpang Tiga Kerten hingga depan Hotel Harris, sepanjang satu kilometer.

Baca Juga :  Pemkot Solo Cicil Perbaikan Lapangan Pendukung Piala Dunia U-20

Kondisi tersebut tentu saja menjadi hal yang rentan kritikan dari para pegiat lingkungan. Sesuai Perda yang berlaku, Pemkot Solo harus mengganti penebangan pohon tersebut dengan 3.770 bibit pohon lainnya yakni 1: 10.

“Ya harus bagaimana lagi, memang harus ditebang. Ini kan demi kepentingan masyarakat,” tukas Rudy. Triawati PP