loading...
Warga Desa Somomorodukuh, Plupuh saat mengikuti cek kesehatan gratis dari siswa SMK Citra Medika Sragen. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) bersama tim Rohis SMK Kesehatan Citra Medika Sragen menggelar bakti sosial di Desa Sumomorodukuh, Plupuh, Sragen pada Sabtu (18/1/2020).

Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang diadakan setiap tahun untuk membentuk karakter siswa agar mau berbagi sejak dini.

Bentuk kegiatan bakti sosial yang digelar oleh anggota OSIS bersama Rohis ini berupa pembagian bahan-bahan sembako dan pelayanan kesehatan gratis.

Adapun bahan-bahan sembako yang dibagikan, antara lain beras, gula, teh, dan minyak goreng. Sementara itu, fasilitas berupa pelayanan kesehatan gratis meliputi cek LBA (Live Blood Analysis), cek gula darah, cek kolesterol, dan cek asam urat.

Tidak hanya itu, masyarakat juga diberikan pelayanan kesehatan seperti bekam, akupuntur, dan pijat refleksi. Bahkan, masyarakat juga diberikan beberapa obat-obatan, suplemen, dan vitamin.

Warga lansia di Somomorodukuh, Plupuh tersenyum usai menerima paket sembako dari Baksos SMK Citra Medika Sragen. Foto/Wardoyo

Selain adanya pembagian sembako dan pelayanan kesehatan gratis, masyarakat yang hadir juga diberikan tanaman obat untuk dibudidayakan.

Pratowo Sejati selaku pembimbing OSIS, mengatakan selain pembagian sembako dan pelayanan kesehatan gratis, baksos juga diisi dengan membagikan beberapa tanaman obat. Seperti jahe, kunyit, cabai, lidah buaya, rosela, sirih, bengkoang, dan lain-lain.

Baca Juga :  Breaking News! Satu Pasien PDP Corona Sragen Meninggal Dunia. Jumlah PP Bertambah Jadi 4.998 Orang, Jumlah ODP Naik 13 Orang

Harapannya dengan beberapa bibit tanaman obat itu bisa dibudidayakan oleh masyarakat setempat dan bisa menambah pendapatan masyarakat.

“Apalagi kami melihat sebagian besar pekarangan di setiap rumah warga di sini begitu luas dan masih banyak yang kosong. Alangkah baiknya apabila bisa ditanami dengan berbagai jenis tanaman obat tersebut. Tujuannya tentu saja selain untuk bumbu dapur juga bisa dijadikan sebagai obat tradisional,” ungkapnya Selasa (21/1/2020).

Kegiatan bakti sosial itu diikuti oleh sekitar 150 kepala keluarga. Warga mengaku sangat senang dan bersyukur adanya kegiatan bakti sosial yang diadakan oleh SMK Citra Medika Sragen.
Salah satunya diungkapkan oleh Sartono, salah satu warga di Desa Sumomorodukuh.

“Rasanya seneng angsal bantuan beras saking adik-adik sekolah ini. Iya, semoga pemerintah juga bisa buat acara seperti ini. Karena sebelumnya, belum pernah ada acara bagi-bagi sembako seperti ini. Tadi juga sempet periksa, trus ini dapat vitamin.” tuturnya.

Foto/Wardoyo

Rasa senang dan syukur juga dirasakan oleh panitia kegiatan. Ketua Panitia Kegiatan, Aviska, siswa kelas X Keperawatan mengaku senang ia dan rekan-rekannya bisa terlibat dalam kegiatan sosial seperti itu.

Baca Juga :  Tanggap Wabah Corona, Igana Jawa Tengah dan IARMI Sragen Berkolaborasi Gelar Penyemprotan Desinfektan di Wilayah Gabugan Tanon

Menurutnya hal itu merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi siswa.

“Saya jadi merasa lebih mensyukuri hidup. Ternyata di luar sana masih banyak orang-orang yang lebih kekurangan. Semoga ke depannya kami bisa terus menggelar berbagai kegiatan-kegiatan positif seperti ini,” ujarnya.

Sementara, Kepala SMK Citra Medika Sragen, Nano Priyanto mengapresiasi kegiatan itu dan mendukung penuh. Menurutnya, giat baksos itu bisa lebih menanamkan karakter jiwa sosial siswa dalam berkontribusi membantu masyarakat.

Selain itu, dengan baksos bisa menjadi wahana sosialisasi sekolah ke masyarakat serta bisa mengedukasi masyarakat tentang SMK Citra Medika Sragen.

“Saya selalu mendukung beragam kegiatan sekolah yang bisa membawa dampak positif. Apalagi kegiatan sosial seperti ini.” tandasnya. Wardoyo