JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

18 Grup Finalis Ramaikan Festival Rebana Piala Walikota 2020

Suasana festival rebana 2020 di atrium Solo Grand Mall / lisa ariyani

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Untuk ketiga kalinya festival rebana digelar di Kota Solo. Untuk tahun 2020 ini, festival rebana Piala Walikota ini digelar di Atrium Solo Grand Mall, Minggu (16/2/2020).

Festival tersebut bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan seni budaya. Rebana juga merupakan syiar yang dapat disampaikan kepada siapa saja.

Festival itu diikuti oleh berbagai kelompok dari berbagai daerah. Acara ini diadakan oleh Metta Media, bekerja sama dengan Yayasan Daarul Hidayah.

Dalam perhelatan terssbut, ditampilkan sekitar 18 grup finalis yang sebelumnya telah mengikuti babak penyisihan.

Komisaris utama Metta Media, Sumartono Hadinoto mengatakan bahwa festival rebana selain melestarikan dan mengembangkan seni, rebana juga merupakan syiar islam yang bisa disampaikan ke siapa saja.

“Rebana syiar utama yang bisa disampaikan ke siapa saja,” tuturnya.

Sementara itu, Walikota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Walikota Achmad Purnomo berharap, diadakannya festival rebana tersebut dapat digunakan sebagai ajang penanaman nilai-nilai luhur.

“Seperti semangat persatuan dan kesatuan di kalangan generasi muda,” tuturnya.

Selain itu Wakil Walikota Surakarta Achmad Purnomo mengatakan bahwa Festival Rebana Piala Walikota Surakarta 2020 ini dapat mencerminkan kota Surakarta yang luar biasa, kota yang nyaman, aman, damai dan berbudaya.
“Festival Rebana ini menjadi acara tahunan dan pesertanya lebih banyak dan mencerminkan kota Surakarta yang luar biasa” tuturnya.
Selain sebagai kegiatan syiar Islam juga sebagai kegiatan pembuka agenda tahunan Yayasan Daarul Hidayah. Untuk dapat menuangkan bakat dan kreativitasnya dalam seni dan budaya.

www.tempo.co

Baca Juga :  Bajo Dalami Materi Debat Pilkada, Tim Pemenangan: Pasangan Ini Berasal dari Rakyat Kecil Tukang Jahit dan Ketua RW, Penguasaan Materi Sangat Penting