JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Komplotan Pencuri Bobol Kantor Balai Desa Pendem Sumberlawang Sragen. Semua Perangkat Komputer, Laptop dan Elektronik Dikuras, Padahal Bersiap Maju Lomba Desa

Ilustrasi komplotan pencuri
Ilustrasi komplotan pencuri

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Komplotan pencuri mulai kembali beraksi di Sragen. Dinihari tadi, komplotan pencuri membobol kantor balai Desa Pendem, Kecamatan Sumberlawang, Sragen.

Pelaku yang diperkirakan lebih dari satu orang itu menguras habis perangkat komputer dan alat elektronik yang ada di balai desa di wilayah Gunung Kemukus itu.

Pelaku terdeteksi membobol pintu depan sebelum kemudian menguras barang di dalam kantor.

Data yang dihimpun di lapangan, aksi komplotan pencuri itu diduga memanfaatkan kondisi balai desa yang saat kejadian tengah kosong tanpa petugas.

Menurut Kades, malam sebelum kejadian para perangkat sebenarnya sempat lembur di kantor balai desa namun kemudian kecapekan dan pulang ke rumah saat tengah malam.

“Kami tahunya ketika pagi hari melihat pintu pelayanan depan sudah terbuka. Kemudian setelah kami masuk kondisi didalam sudah berantakan dan semua peralatan komputer serta elektronik sudah hilang. Kalau uang Alhamdulillah nggak ada yang hilang,” papar Kades Pendem, Sunarto kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Senin (17/2/2020).

Baca Juga :  PSBB Jakarta Jadi Mimpi Buruk bagi Sragen, Omzet Puluhan Perajin Batik Makin Anjlok. Pemilik Batik Brotoseno: Baru Saja Mau Bangkit, Kini Ambles Lagi!

Ia menguraikan dari hasil pendataan barang yang hilang di antaranya satu unit komputer, satu unit laptop, satu unit televisi dan satu unit mixer. Berdasarkan hasil estimasi kejadian itu mengakibatkan kerugian hampir Rp 30 juta.

Kades menduga aksi pencurian itu didalangi lebih dari satu pelaku. Hal itu didasarkan pada jumlah barang yang diambil mayoritas berukuran besar.

“Kalau hanya satu orang rasanya nggak mungkin karena barang yang diambil itu ukurannya besar-besar,” terangnya.

Ia menambahkan aksi pencurian itu sedikit mengejutkan dan menjadi pukulan bagi desa. Sebab pencurian terjadi di saat desanya sedang bersemangat mempersiapkan untuk maju lomba desa yang akan dinilai pekan ini.

Baca Juga :  Kuasa Hukum Bos Investasi Rangrang CV MSB Sragen Akui Tunggakan Yang Belum Dibayar ke Mitra Masih Rp 1,5 Trilyun. Perputaran Uangnya Capai Rp 101 Trilyun?

“Tapi kami pastikan memang tidak mempengaruhi persiapan untuk lomba desa. Justru Ini teman-teman malah semakin semangat untuk mempersiapkan segala sesuatunya karena lomba desanya digelar Rabu besok itu,” tukasnya.

Sunarto menambahkan meski perangkat komputer dan laptop turut digasak pelaku, ia memastikan untuk data-data penting desa masih aman.

Sebab di perangkat komputer dan laptop yang hilang itu, hanya ada sebagian kecil data desa.

Menurutnya, kasus itu sudah dilaporkan ke Polsek setempat. Terpisah, Kasubag Humas Polres Sragen AKP Harno membenarkan adanya laporan pencurian di Balai Desa Pendem. Wardoyo