loading...

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Presiden Jokowi mengatakan, tanaman vetiver atau akar wangi sangat mudah dibudidayakan. Kabar gembiranya, vetiver merupakan solusi tepat mengatasi permasalahan sedimen di semua waduk.

Presiden mengungkapkan hal itu di sela penanaman vetiver dan porang di area daerah aliran sungai (DAS) Keduang di hulu Waduk Gajah Mungkur, Dusun Pule Desa Jatisari Kecamatan Jatisrono, Wonogiri, Sabtu (15/2/2020).

Menurut Presiden, setelah ditanam, vetiver tidak perlu dirawat.

“Tanem ndak perlu dirawat langsung muncul nanti, 3 tahun saja sudah akarnya 3 sampai 4 meter,” kata Presiden.

Baca Juga :  Longsor di Desa Giriharjo Kecamatan Puhpelem Wonogiri, Akses Jalan Dusun Tertutup

Tanaman vetiver jelas orang nomor satu di Indonesia, merupakan solusi masalah sedimen di waduk. Dia membeberkan untuk menyelesaikan masalah sedimen bukan dengan pengerukan. Tapi melalui penanganan di daerah hulu waduk dengan penanaman jenis tanaman yang tepat. Salah satu contohnya adalah vertiver atau akar wangi yang terbukti mengikat tanah hingga mencegah longsor maupun pergerakan sedimen.

“Semua waduk yang saya lihat baik di Sulawesi, baik di Jawa, baik di Sumatra, semuanya sedimen. Dan diselesaikan dengan dikeruk, keliru. Keliru itu,” ungkap dia

Baca Juga :  Baru Terungkap, Benda yang Ditemukan di Ngendak Bulusari Slogohimo Wonogiri Ternyata Bukan Granat Tangan. Tim Gegana Langsung Turun ke TKP

Selesaikan hulunya dengan tanaman-tanaman ini. Akan menyelesaikan masalah,” tandas dia. Aria