JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Ujian SKD CPNS Karanganyar, Ratusan Peserta Dinyatakan Langsung Gugur. Ini Persoalannya!

Peserta ujian SKD CPNS di auditorium UNS Solo. Foto/Wardoyo
Peserta ujian SKD CPNS di auditorium UNS Solo. Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Ratusan peserta seleksi CPNS Kabupaten Karanganyar langsung dinyatakan gugur. Mereka gugur lantaran tidak hadir dan tidak mengikuti ujian seleksi kompetensi dasar (SKD) yang digelar sejak Senin (10/2/2020).

Poses seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dilaksanakan di UNS dan diikuti sebanyak 6.235 peserta dari Karanganyar. Pelaksanaan sempat tertunda lantaran terjadi gangguan pada jariangan komputer secara nasional.

“Pada saat proses seleksi memang sempat terjadi gangguan IT dari pusat, sehingga waktunya diundurkan. Meski demikian, proses seleksi tetap berjalan dengan baik,” kata Kepala Badan Kepegawaian, Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Karanganyar, Suprapto, Selasa (11/02/2020).

Baca Juga :  Anggota DPR RI Paryono Ingatkan Para Calon Bupati-Wabup. "Nekat Langgar Protokol Kesehatan Bisa Langsung Didiskualifikasi!"

Menurut Suprapto, proses seleksi CPNS dengan materi Test Kemampuan Dasar (TKD) yang berbasis Computer Asisted Test (CAT), jumlah peserta sebanyak 6.235 orang.

Namun dalam proses seleksi yang dlakukan Senin (10/02/2020) tersebut, ratusan peserta tidak hadir untuk mengikuti seleksi.

“Jumlah pastinya saya kurang hafal. Masing-masing sesi, ada puluhan yang tidak hadir. Ada sekitar seratusan yang tidak hadir tanpa alasan yang jelas,” ujarnya.

Mengenai hasil seleksi, jelas Suprapto, seluruh hasil seleksi para peserta, baik yang melebihi passing grade dan di bawah passing grade, dilaporkan kepada Badan Kepegwaian Nasional (BKN) pusat.

“Semua kita laporkan kepada BKN. Nanti BKN yang akan menentukan siapa saja peserta yang akan lolos ke tahapan selanjutnya, yakni seleksi kompetensi bidang. Yang jelas, kewenangan sepenuhnya ada di BKN pusat, semua proses seleksi dilakukan pemerintah pusat. Pemkab Karanganyar hanya membantu proses seleksi. Bagi masyarakat, karena telah mengiktui seleksi, tunggu saja saja pengumuman dari pusat,” pungkasnya.

Baca Juga :  Kesalahannya Fatal, 12 Peserta Ujian SKB Seleksi CPNS Sragen Dipastikan Langsung Gagal. Satu Peserta Positif Covid-19 Ujian tanggal 28 September, 73 Orang Ujian di Luar Sragen

Sebelumnya, sebanyak 6.235 pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Karanganyar, akan mengikuti seleksi selama lima hari, mulai tanggal 8-10 Februari 2020 di Auditorium Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo.

Ribuan peserta ini, akan memperebutkan sebanyak 244 formasi yang dibuka oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar. Wardoyo