JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

15 % Warga Tak Gunakan Hak Pilih di Pilkades 7 Desa. Bupati Karanganyar Imbau Calon Kades Kalah Bisa Legawa Agar Kondusif

Proses perhitungan suara di Pilkades Gebyok Karanganyar. Foto/Humas
   
Proses perhitungan suara di Pilkades Gebyok Karanganyar. Foto/Humas

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Bupati Karanganyar, Juliyatmono meminta para calon Kades yang kalah di Pilkades serentak 7 desa kemarin bisa kegawa agar situasi kondusif.

Pilkades sendiri diklaim berjalan lancar dengan tingkat partisipasi pemilih mencapai 85 persen dari seluruh desa yang menyelenggarakan Pilkades. Sedangkan 15 persen warga tidak menggunakan hak pilih karena berbagai alasan.

“Hampir semua pemilih menggunakan hak pilihnya dengan baik. Tingkat partisipasinya mencapai 85 persen,” papar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Karanganyar, Agus Heri Bindarto.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono bersama jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait melakukan sidak di sejumlah desa yang menyelenggarakan Pilkades.

Yakni Desa Tuban, Kecamatan Gondangrejo, Desa Kaling, Kecamatan Tasikmadu, Desa Gebyok dan Desa Pendem, Kecamatan Mojogedang dan Desa Dawung, Kecamatan Matesih.

Saat melakukan pantauan di Desa Kaling, Kecamatan Tasikmadu, orang nomor satu di Karanganyar menanyakan jumlah pemilih yang sudah datang ke TPS kepada petugas pengecekan kartu undangan. Dia menyatakan pilkades di Karanganyar berjalan kondusif dan aman.

“Sebab persiapan pilkades sudah lama dimatangkan dari mulai tahap awal, sosialisasi hingga pencoblosan. Bahkan  panitia, calon kades dan forkominca sudah beberapa kali bertemu untuk sosialisasi pelaksanaan pilkades. Sehingga pelaksanaan pemungutan suara sempurna atau tidak ada gejolak,” papar Juliyatmono.

Dia mengatakan tingkat partisipasi cukup tinggi di dalam pilkades kali ini. Dia berharap kondisi pilkades berjalan aman dan nyaman.

Bagi pendukung yang kalah, Bupati sudah mengingatkan yang mengendalikan massa dari cakades. Sehingga jika ada gejolak cakades harus menenangkanya. Jika Cakades kalah sudah legowo maka pilkades akan berjalan aman dan kondusif.

“Saya yakin tidak ada akses apapaun dalam pelaksanan pilkades kali ini” tambahnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com