JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Cegah Covid-19 Alias Corona, Ratusan Siswa SDN 1 Gayam Sukoharjo Diajari 6 Langkah Cuci Tangan Sesuai Standar WHO

surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Penyebaran virus novel coronavirus (COVID-19) di belahan dunia, membuat semua pihak wajib mengantisipasinya melaui langkah-langkah yang tepat dan efektif, agar penyebaran virus tersebut dapat diminimalisir.

Melansir dari laman resmi Pemkab Sukoharjo, Minggu (15/3/2020) WHO (World Health Organization) sebagai Organisasi Kesehatan Dunia yang merupakan salah satu badan PBB yang bertindak sebagai koordinator kesehatan umum internasional secara resmi mengeluarkan imbauannya untuk mensosialisasikan gerakan 6 langkah cuci tangan sesuai standar WHO kepada masyarakat dunia. Langkah ini untuk mencegah & meminimalisir penyebaran virus ini.

Seperti yang dilakukan di beberapa tempat di wilayah Sukoharjo terutama di sekolah-sekolah dan kampus, Diharapkan para siswa berpartisipasi menularkan pengetahuan gerakan 6 langkah cuci tangan sesuai standar WHO ini di rumah dan lingkungannya.

Baca Juga :  Jos, Lahan yang Awalnya Mangkrak di Madyorejo Jetis Sukoharjo Kini Disulap Jadi Lebih Produktif

Seperti halnya di wilayah Kelurahan Gayam, Kelurahan Sukoharjo, pada Jumat (13/3) pukul 08.00 bertempat di halaman SDN Gayam 1 Sukoharjo di Kampung Bulusari RT 3 RW 6 Kelurahan Gayam Sukoharjo. Di sekolah ini dilaksanakan gerakan 6 langkah cuci tangan sesuai standar WHO tersebut bersama dr. Arundina Permatasari dari Puskesmas Sukoharjo.

Babinsa Koramil 01 Sukoharjo wilayah Kelurahan Gayam Serka Suyanta turut hadir dalam sosialisasi tersebut. Diharapkan Babinsa sebagai aparat teritorial yang senantiasa bersentuhan dengan masyarakat di wilayahnya juga turut andil untuk mensosialisasikan gerakan 6 langkah cuci tangan ini kepada masyarakat.

Baca Juga :  Update Corona Sukoharjo, Jumlah Kasus Terkonfirmasi Positif COVID-19 Menjadi 95, Sebaran Masih di 10 Kecamatan

Sambil mendengarkan penjelasan dari dr.Arundina Permatasari, para Siswa-siswi SDN Gayam 1 Sukoharjo tampak antusias dengan kegiatan ini. Setelah mendengarkam penjelasan, kegiatan dilanjutkan dengan praktek 6 langkah cuci tangan bersama para pejabat yang hadir saat itu.

“Cuci tangan merupakan contoh paling kecil dari langkah awal pencegahan penyakit. Dengan mencuci tangan yang baik dan benar, 80% kuman di tangan bisa dihilangkan. Kegiatan ini harus dimulai dengan membiasakan diri, agar terbiasa dengan pola hidup sehat,” ungkap dr.Arundina Permatasari. Aria