JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Jogja Air Show Akan Digelar 20-22 Maret 2020 di Tiga Tempat


loading...

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Jogja Air Show akan digelar selama tiga hari mulai Jumat sampai Minggu, 20 – 22 Maret 2020. Even tahunan tersebut akan dihelat di tiga lokasi berbeda.

Kepala Dinas Operasi Pangkalan Udara Adisutjipto, Kolonel Penerbang Fery Yunaldi mengatakan kegiatan ini menjadi wadah bagi atlet olahraga dirgantara untuk mengukir prestasi. “Acara ini juga untuk mempopulerkan olahraga dirgantara kepada masyarakat,” kata Fery Yunaldi, Rabu petang, 11 Maret 2020.

Pergelaran Jogja Air Show 2020 yang ke-15 ini berlangsung di Pantai Parangtritis, Bantul; Lapangan Udara Gading, Gunungkidul; dan Pangkalan Angkatan Udara Adisutjipto, Yogyakarta. Wakil Ketua Pelaksana Jogja Air Show 2020, Mayor Penerbang Oktavianus Olga Satya Nugraha mengatakan pada Sabtu, 21 Maret 2020 akan diadakan acara puncak melalui Adisutjipto Open Base di Taxi Way Adisutjipto mulai pukul 06.00 sampai 12.00 WIB.

Baca Juga :  New Normal, 200 Ribu Mahasiswa dari Luar Kota akan Kembali ke Yogyakarta

Masyarakat dilibatkan melalui acara Fun Walk dengan berbagai hadiah di area Lanud Adisutjipto. Agenda lainnya antara lain Aerobatic Pitts, terjun payung militer dari Paskhas, Dragon Banner, Paramotor, Terbang Layang, Banner Flight. Ada juga Joy Flight, Static Show pesawat latih dan FASI, simulator pesawat, drumband AAU Gita Dirgantara, sampai aneka lomba.

Jogja Air Show 2020 yang mengusung tema ‘Cintailah Tanah, Air dan Udara Indonesia’ ini juga mencakup kegiatan olah raga, yaitu Kejuaraan Nasional Kasau Cup untuk cabang Paralayang dan Gantole, serta Kejuaraan dan Eksibisi Paramotor dan Eksibisi Layang layang. Pada kejuaraan kali ini akan diikuti oleh anggota Federasi Aero Sport Indonesia Daerah (FASIDA) seluruh Indonesia dan dilaksanakan di Bukit Watu Gupit, Pantai Parangtritis, dan Pantai Depok pada 20-22 Maret 2020. “Ada lomba microdrone yang baru pertama kali digelar dan akan melintasi halang rintang,” kata Oktavianus.

Baca Juga :  Gelombang Tinggi Terjang Pantai Selatan Gunungkidul, Masyarakat Diminta Waspada

Kepala Bidang Kapasitas Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, Wardoyo mengatakan Jogja Air Show 2020 merupakan kegiatan rutin yang masuk dalam kalender event. Jogja Air Show 2020 merupakan satu dari sepuluh besar agenda wisata unggulan. “Tahun lalu target wisatawan di acara ini 20 ribu orang, ternyata yang datang sampai 50 ribu wisatawan,” kata dia.

www.tempo.co