JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Jurnal IJIMS IAIN Salatiga Tempati Peringkat ke-2 Jurnal Terbaik se-Asia

Jurnal Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies (IJIMS) milik program pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga berhasil menduduki peringkat kedua Jurnal Terbaik di Asia versi Schimago Journal Rank (SJR) untuk bidang Religious Studies dengan skor journal's impact sebesar 0.161 pada Senin (24/02/2020). Istimewa
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

SALATIGA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Jurnal Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies (IJIMS) milik program pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga berhasil menduduki peringkat kedua Jurnal Terbaik di Asia versi Schimago Journal Rank (SJR) untuk bidang Religious Studies dengan skor journal’s impact sebesar 0.161 pada Senin (24/02/2020). Pada 2018, IJIMS resmi menjadi jurnal pertama dan satu-satunya yang terindeks Scopus dan masuk ke The Best Quartile 1 (Q1) di Schimago.

Menurut data yang dihimpun dari portal website Schimago, IJIMS berada di atas beberapa jurnal dari luar negeri seperti India, Malaysia, China, Jepang, dan Korea Selatan. Selama tiga tahun terakhir, IJIMS memiliki total unggahan jurnal sebanyak 28 dokumen dari penulis dalam dan luar negeri dengan total referensi sebanyak 544 dan total sitasi sebanyak 12.

Tingkat sitasi per dokumen dari jurnal IJIMS adalah 0,45. Angka tersebut jauh lebih banyak dari tingkat sitasi per dokumen dari jurnal asal Negeri Sakura, Japanese Journal of Religion Studies yang menempati posisi pertama daftar (0,08). Sedangkan referensi per dokumen dari IJIMS mencapai 45,33.

Baca Juga :  Lewat 100 Desain Poster Lawan Corona, Karya Basnendar Diganjar Rekor Muri

Rektor IAIN Salatiga, Prof. Dr. Zakiyuddin, M.Ag, mengatakan masuknya IJIMS di peringkat kedua jurnal terbaik di Asia itu adalah bukti keseriusan dan konsistensi (IJIMS) untuk menjadi jurnal garda depan pada skala internasional.

“IJIMS merupakan academic tower bagi IAIN Salatiga. Pencapaian ini sangat berarti untuk menyongsong transformasi menjadi UIN Salatiga,” kata Rektor IAIN Salatiga, Prof. Dr. Zakiyuddin yang juga Editor in Chief IJIMS dalam rilisnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Selasa(3/3/2020).

Prof. Zakiyuddin mengatakan bahwa capaian tersebut akan jadi motivasi untuk mencapai prestasi di bidang lainnya serta akan terus mengupayakan agar IJIMS bisa menjadi jurnal terbaik pertama di Asia.

Sebelumnya melalui IJIMS, IAIN Salatiga mendapat penghargaan sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Terbaik bidang Penelitian dan Publikasi Ilmiah dalam Pengelolaan Jurnal Internasional dari Kementerian Agama pada 2019 serta mendapat penghargaan di ajang Biannual Conference on Research Result untuk Pengelola Jurnal Terakreditasi dan Tembus SINTA 1 di lingkungan PTKI.

Salah satu pengelola IJIMS, Noor Malikha, Ph.D mengatakan bahwa tim pengelola IJIMS akan tetap berupaya untuk menjaga dan meningkatkan konsistensi pengelolaan, pengolahan, dan penerbitan yang komprehensif serta berkelanjutan agar capaian prestasi bisa dipertahankan dan ditingkatkan menjadi lebih baik.

Baca Juga :  BTN Serahkan 12 Unit Wastafel Portable Untuk UNS

“Mengelola jurnal itu bukan kepentingan pribadi tetapi kepentingan dan kebutuhan banyak pihak. Kebanggaan yang didapat lebih karena berhasil membawa nama harum negeri untuk bersanding dengan negara-negara lain dalam bidang publikasi ilmiah. Yang paling penting adalah bagaimana mempertahankan kualitas yang sudah dicapai, karena sejatinya mempertahankan prestasi itu lebih sulit,” katanya.

Pada akhir Januari 2020, IAIN Salatiga meresmikan pembukaan Rumah Jurnal dan IJIMS School of Journal sebagai wadah berbagi ilmu, baik kepada peneliti dan pengelola jurnal di lingkungan internal maupun di lingkungan eksternal. Menurut Malikha, peresmian itu menunjukan tanggung jawab moral yang berlaku setelah IJIMS meraih prestasi, “Baru-baru ini kami meresmikan Rumah Jurnal dan IJIMS School of Journal, kedua hal tersebut adalah tanggung jawab moral, bagaimana kami mendorong pengelolaan jurnal-jurnal lain baik di lingkungan IAIN Salatiga maupun di Indonesia pada umumnya agar bisa maju dan menembus prestasi baik nasional maupun internasional. *