JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Seluruh Rumah Sakit Rujukan Pasien Corona Bakal Dipasok Chloroquine

Staf Khusus Kementerian BUMN Bidang Komunikasi Arya Sinulingga saat berbincang dengan awak media di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa ( 4/2/2020) / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Rumah sakit-rumah sakit yang menjadi rujukan pasjen corona bakal dipasok tablet Chloroquine oleh pemerintah.

Sebagai bentuk simbolisasi, akan diberikan lebih dulu sebanyak 1.000 butir chloeoquine kepada Rumah Sakit Sulianti Saroso.

Demikian dikatakan oleh Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga. Selanjutnya, jelas Arya, obat tersebut juga akan diserahkan ke rumah sakit lain yang menjadi rujukan pasien Corona. 

“Hari ini, atas permintaan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 meminta kami (Kementerian BUMN) untuk menyerahkan obat-obatan ke RSPI,” ujar Arya, Sabtu (21/3/2020).

Arya mejelaskan, obat-obatan itu akan terus dipasok sesuai kebutuhan atau permintaan rumah sakit rujukan Corona. Saat ini, yang terpenting atau menjadi prioritas adalah kebutuhan pasien. Obat yang diserahkan ke RSPI itu juga telah digunakan di beberapa negara untuk menyembuhkan pasien yang positif Covid-19.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan langkah pemerintah menggunakan obat Chloroquine dan Avigan untuk melawan virus Corona merupakan ikhtiar atau upaya menyelamatkan warga Indonesia dari virus berbahaya itu. Kedua obat itu dinilai cukup efektif dipergunakan di beberapa negara untuk menangani orang yang terpapar virus Corona.

Adapun BUMN Farmasi yakni PT Kimia Farma (Persero) Tbk. memiliki sekitar tiga juta butir Chloroquine. 

“Kalau satu pasien membutuhkan sekitar 50 butir, setidaknya ada 60.000 pasien yang bisa mendapatkan obat ini. Kalau memang efektif tentunya PT Kimia Farma akan memproduksi kembali,” kata Erick Thohir.

Selain Chloroquine, obat Avigan dari Jepang juga disebut-sebut menjadi obat yang akan diberikan kepada pasien yang terjangkit virus Corona. Obat tersebut berasal dari hasil riset dan pengalaman sejumlah negara.

Menurut Erick, Kantor BUMN bersama Kedutaan Besar Indonesia di Tokyo sudah meminta pihak produsen untuk menyediakannya bagi Indonesia.

“Avigan sekarang ini sudah diminta oleh banyak negara untuk mengobati mereka yang terjangkit virus Corona,” kata Erick.

Avigan merupakan obat antivirus yang dikembangkan oleh Toyama Chemical of Japan. Obat ini melawan banyak virus Ribonucleic acid atau RNA.

www.tempo.co

Baca Juga :  Yakin Mafia Pemilu Tak Bisa Beli MK, Tim AMIN Optimistis Gugatan Pilpres 2024 Bakal Dikabulkan
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com