JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Teranyar, Banjir di Salam Desa Sumberagung Pracimantoro Wonogiri. Begini Kondisi Luweng yang Sesungguhnya

   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM
Personil BPBD Wonogiri telah melakukan pemulihan wilayah terdampak bencana banjir luweng di Dusun Salam Desa Sumberagung Kecamatan Pracimantoro.

Personil juga melaksanakan pengecekan dan pemetakan kondisi luweng yang longsor di Dusun Mesu RT 1 RW 6 Desa Sumberagung Kecamatan Pracimantoro.

Berdasarkan kajian awal personil BPBD terjadinya banjir luweng di Dusun Salam merupakan akibat tersumbatnya lubang luweng. Padahal lubang luweng berfungsi sebagai saluran pembuangan air limpahan curah hujan yang berlebihan.

Baca Juga :  Melepaskan Kekhilafan Memurnikan Hati dan Memperkuat Silaturahmi

“Lubang luweng tersumbat aliran air yang membawa tanah dan batuan sehingga menyebabkan banjir,” kata Ketua Pelaksana BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto, Kamis (12/3/2020).

Upaya pembuangan air telah dilakukan dengan menggunakan pompa BPBD dibantu relawan dan warga. Kondisi saat ini air sudah tidak menggenang di permukiman warga.

Sementara kondisi luweng di Dusun Mesu Desa Sumberagung terjadi longsor batuan dan tanah. Material longsor sebagian besar menutupi lubang Luweng.

Baca Juga :  25 Sekcam di Wonogiri Terima Motor Yamaha Aerox 155, Telan Anggaran 695 Juta

Apabila terjadi curah hujan tinggi dimungkinkan akan berdampak banjir genangan ke permukiman warga. Meliputi sekitar 15 rumah dan akses jalan Wonogiri- Gunung Kidul.

“Upaya yang dilakukan untuk sementara membersihkan di sekitar lokasi. Namun terlalu dekat lokasi mengingat kemungkinan longsoran susulan bisa terjadi,” terang dia. Aria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com