loading...

TANGERANG, JOGLOSEMARNEWS.COM  –
Para penumpang pesawat dari negara-negara yang terpapar virus Corona atau Covid-19, mendapat pengawasan yang lebih ketat dari Kantor Kesehatan Bandara Soekarno – Hatta dan PT Angkasa Pura II.

Kepala Kesehatan Pelabuhan Bandara Soekarno – Hatta, Anas Ma’ruf, mengatakan ada lima negara yang mendapat pengawasan ketat.

 “Kami perketat pemeriksaan dan pengawasan penumpang dari Cina, Korea Selatan, Singapura, Iran, dan Italia,” kata Anas kepada Tempo, Senin (2/3/2020).

Pengetatan pengawasan, lanjut Anas, dilakukan dengan cara pemeriksaan suhu tubuh dua kali. Pertama dilakukan petugas di dalam kabin pesawat sebelum penumpang turun.

Petugas memeriksa suhu tubuh dan kesehatan penumpang dengan menggunakan Thermol Gun, pemindai suhu tubuh mobile. Untuk pemeriksaan ini sebanyak 30-40 petugas di kerahkan setiap harinya.

Selanjutnya, penumpang diarahkan melalui Thermol Scanner yang terpasang permanen sebanyak empat unit di Terminal 3 dan dua unit di Terminal 2 F.

President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, memastikan selain Bandara Soekarno – Hatta, seluruh bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II (Persero) siap mencegah penyebaran virus Corona ke Indonesia.

Perseroan, kata dia, memiliki program antisipasi pencegahan penyebaran virus Corona serta siap dengan berbagai skenario.

Langkah antisipatif mencegah masuknya virus Corona sudah dijalankan PT Angkasa Pura II dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kementerian Kesehatan sejak awal Januari 2020, seiring dengan terbitnya Surat Edaran Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan pada 3 Januari 2020.

“Sejak awal Januari 2020, PT Angkasa Pura II bersama dengan KKP di bandara melakukan koordinasi intensif agar maksimal dalam mencegah masuknya virus Corona. Kami sadar bahwa bandara adalah pintu masuk utama negara sehingga pengawasan harus diperketat,” kata Awaluddin.

Upaya pencegahan yang terus dilakukan diantaranya melakukan surveillance syndrome Personil yang berkepentingan memantau dan meningkatkan pengawasan untuk menemukan ada atau tidaknya penumpang pesawat yang terjangkit virus Corona.

Menyediakan lebih banyak hand sanitizer di terminal penumpang pesawat. Membagikan masker secara berkala ke komunitas bandara
PT Angkasa Pura II. Melakukan simulasi penanganan penumpang pesawat yang terjangkit virus Corona.

www.tempo.co

Baca Juga :  Calon Jamaah Haji yang Batal Berangkat Dapat Dana Manfaat Rp 6 Juta – Rp 16 Juta