JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Bhayangkari Cabang Wonogiri Bikin Ribuan APD Face Shield, Langsung Didistribusikan ke Sejumlah Layanan Kesehatan

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ketua Bhayangkari Cabang Wonogiri Dani Tobing berinisiatif membuat face shield (pelindung wajah) yang diberikan kepada tenaga medis dan relawan dalam penanganan virus corona secara cuma-cuma.

Langkah ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian sosial kepada para tenaga medis dan tenaga pengamanan TNI – POLRI yang melakukan penanganan COVID-19.

Dia menuturkan, dalam pembuatan APD (alat pelindung diri) face shield ini atas petunjuk serta bimbingan dari Ketua Bhayangkari Daerah Jawa Tengah Ningrum Rycko Amelza Dahniel pasca maraknya wabah virus covid -19. Dehingga dia berinisiatif menggerakan seluruh pengurus bhayangkari cabang Wonogiri untuk membuat face shield.

Baca Juga :  Josss Naik Motor Neo Klasik Kawasaki Estrella 250 CC, Harjo Kendarai Mobil Honda CRV Hitam, Datang ke KPU Ikuti Pengundian Nomor Urut Paslon Pilkada Wonogiri 2020

“Seluruh pengurus bhayangkari bekerja secara serentak di rumah masing-masing membuat APD sendiri yaitu face shield sejak tanggal 24 Maret 2020. Hingga kini telah memproduksi 2400 unit yang telah dibagikan kepada para medis dan relawan yang ada di Wonogiri,” ungkap dia, Selasa (7/4/2020).

Bhayangkari cabang Wonogiri juga membuat tutorial dengan menyiapkan alat-alat dan bahan. Antara lain strapler penggaris, spidol, gunting/cutter dan bahan yang digunakan yaitu mika, busa, karet elastis, double tape.

Hal tersebut untuk memudahkan masyarakat, relawan dan khususnya para petugas medis serta TNI – POLRI untuk membuat APD (alat pelindung diri) yang mudah serta murah.

Baca Juga :  Geger Penampakan Ular Sanca Raksasa di Dusun Tukluk Desa Kerjo Lor Kecamatan Ngadirojo Wonogiri, Masuk Rumah Warga Akhirnya Sukses Dievakuasi Personil Damkar Wonogiri

Paur Humas Polres Wonogiri Aipda Iwan Sumarsono menambahkan, bahwa face shield yang dibuat oleh pengurus bhayangkari cabang Wonogiri ini menggunakan bahan plastik mika dengan ketebalan 0,3 milimeter. Untuk panjangnya 30 sentimeter dan lebarnya 30 sentimeter. Plastik mika yang digunakan cukup bening, sehingga tidak mengganggu penglihatan tenaga medis saat penanganan.

Selanjutnya untuk pandistribusiannya dilakukan oleh Kapolres AKBP Christian Tobing dengan melibatkan personil polres dan polsek serta dibagikan kepada tenaga medis puskesmas yang tersebar di seluruh wilayah Wonogiri. Aria