JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Seorang Ibu Rumah Tangga di Kebakkaramat Karanganyar Positif Covid-19, 60 Warga Sekitarnya Diminta Isolasi Mandiri. Ada 23 Orang Langsung Dirapid Test, Hasilnya Mengejutkan!

Bupati Juliyatmono. Foto/Wardoyo
Bupati Juliyatmono. Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanyak 23 warga dengan riwayat kontak di lingkungan sekitar pasien positif corona virus atau covid-19 asal Kebakkramat, Karanganyar, menjalani rapid test, Kamis (23/4/2020).

Selain itu 60 warga yang tinggal di lingkungan pasien ibu rumah tangga berusia 44 tahun itu juga harus menjalani isolasi mandiri.

“Sebanyak 23 jiwa di lingkungan sekitar sudah dirapid test. Termasuk anggota keluarganya,” papar Bupati Karanganyar, Juliyatmono, kemarin.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Karanganyar itu juga membeberkan hasil rapid test menunjukkan bahwa 23 orang itu negatif.

Baca Juga :  Awas, Tim Penindakan Terbentuk, Warga Karanganyar Tak Boleh Lagi Sepelekan Prokes. Nekat Gelar Acara Kerumunan, Bupati Sebut Bisa Dibubarkan Paksa!

Lebih lanjut, Juliyatmono menerangkan sebagai tindaklanjut kasus positif tersebut, sekitar 60 warga yang tinggal di sekitar kediaman pasien akan diberlakukan isolasi wilayahnya.

Mereka diminta melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari.

Kepada wartawan, bupati mengatakan ibu rumah tangga itu diketahui positif berdasarkan hasil swab yang keluar hari ini, Kamis (23/4/2020).

Perempuan berusia 44 tahun tersebut diketahui positif terpapar corona meski tanpa ada riwayat perjalanan dari wilayah terpapar virus corona.

“Di rumah tidak kemana-mana. Cuma anaknya bekerja di bank yang sering bepergian ke Sukoharjo dan Solo,” paparnya.

Baca Juga :  Makin Ganas, Virus Covid-19 Renggut Nyawa Warga Perum Ngringo Karanganyar. Bapak 56 Tahun Meninggal Positif, Anak dan Keluarga Besarnya Diswab Sampai 3 Kali

Bupati menjelaskan yang bersangkutan tidak memiliki riwayat perjalanan dari luar kota. Sebelumnya, pasien itu sempat menjalani perawatan di RSUD Karanganyar selama 14 hari.

Mengingat kondisi kesehatannya baik dan tidak ada gejala virus corona, kemudian diperbolehkan pulang untuk menjalani karantina mandiri di rumah.

“Swabnya keluar hari ini, hasilnya positif,” ujarnya.

Setelah diketahui positif corona, perempuan tersebut lantas dibawa ke RS PKU Muhammadiyah Karanganyar untuk menjalani perawatan, sembari menunggu dilakukan swab lagi.

Bupati menambahkan saat ini kondisi pasien perempuan itu dalam keadaan baik.

“Kondisi pasien baik,” tandasnya. Wardoyo