JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Tak Hanya Rampok, Pencurian Terus Merajalela di Sragen. Kotak Amal Masjid di Karangmalang Dikuras Maling di Siang Bolong, Padahal 2 Bulan Lalu Juga Dibobol

Kondisi Kotak Infaq di Masjid Baitturokhim Desa Puro, Karangmalang sudah kosong melompong dibobol maling. Foto/Wardoyo
Kondisi Kotak Infaq di Masjid Baitturokhim Desa Puro, Karangmalang sudah kosong melompong dibobol maling. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Masyarakat agaknya harus makin waspada. Pasalnya tren kejahatan belakangan kembali meningkat seiring pembatasan aktivitas di tengah pandemi corona saat ini.

Setelah rentetan pencurian toko dan kios serta perampokan juragan beras, kali ini pencuri kembali beraksi dengan menggasak kotak amal masjid Baiturrokhim di Dukuh Margomulyo RT 1/1, Desa Puro, Karangmalang, Sragen.

Kotak amal berisi infaq jemaah itu dilaporkan hilang digasak maling. Ironisnya, kotak itu juga belum lama dibobol pencuri sekitar dua bulan lalu.

Salah satu sesepuh masjid dan tokoh Margomulyo, Suyadi menuturkan kejadian pencurian diketahui pada Rabu (15/4/2020) siang sekitar pukul 14.30 WIB mendekati waktu ashar.

Baca Juga :  Wilayah Rawan Kekeringan di Sragen Meluas. BPBD Sebut Naik 70 % Menjadi 249 Dukuh, Warga Tangen Mengaku Sudah Malu dan Bosan Didroping

“Siang pas dhuhur kotaknya masih ada. Tahunya pas mau ashar, kotak itu sudah terbuka dan isinya kosong. Nggak tahu siapa yang mencuri,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Sabtu (18/4/2020).

Suyadi menuturkan pelaku diduga memanfaatkan situasi masjid yang sepi antara waktu dhuhur dan ashar. Perihal isi kotak amal, ia tidak tahu persis.

Namun kotak itu sudah dua bulan tidak dibuka. Biasanya dalam sebulan jumlah infaq sekitar Rp 500.000 sehingga di dalam kotak dimungkinkan uangnya di kisaran Rp 1 juta.

Baca Juga :  Kades Trombol Mondokan Sragen dan 5 Saudaranya Positif Corona, Pelayanan Kantor Desa Tidak Ditutup. Pemkab Pastikan Semua Perangkat Tidak Tertular

“Kami belum lapor polisi. Karena belum lama ini juga kotak itu dibobol pencuri,” terangnya.

Ketua Takmir Masjid Baiturrohkim, Iyan menuturkan kotak amal masjid yang diurusnya memang pernah dibobol sekirar dua bulan lalu.

“Ini sudah yang kedua kalinya. Yang terakhir dua bulan lalu juga dibobol,” tandasnya.

Terpisah, Kapolsek Karangmalang AKP Mujiono mewakili Kapolres AKBP Raphael Sandy mengatakan belum menerima laporan tersebut. Namun pihaknya akan mendalami dan menyelidikinya. Wardoyo