JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Update Terbaru Corona Karanganyar, Kini Berubah Merah. Dua Warga Positif, Satu PDP Meninggal, 13 Dirawat dan 488 ODP

Situasi covid-19 Karanganyar, Jumat (10/4/2020) malam. Foto kolase/Wardoyo
Situasi covid-19 Karanganyar, Jumat (10/4/2020) malam. Foto kolase/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Kasus corona virus di Karanganyar hari ini memasuki fase menyedihkan. Untuk kali pertama, Karanganyar yang sebelumnya masih zona kuning, kini berubah jadi merah.

Hal itu menyusul kematian satu pasien dalam pengawasan (PDP) dan dua warga yang dinyatakan positif terpapar corona virus atau covid-19.

Berdasarkan data yang dilansir dari website resmi penanganan covid-19 Karanganyar di laman covid19.karanganyarkab.go.id. hingga Jumat (10/4/2020) malam, jumlah ODP juga melonjak bertambah 8 orang dan jumlah total 488 orang.

Namun bersamaan itu ada 406 ODP yang dinyatakan lulus pemantauan 14 hari.

Sehingga secara komulatif, dari jumlah total ODP sebanyak 886 orang, yang tersisa dalam pemantauan tinggal 488 orang.

Baca Juga :  Mengganas, 54 Warga Karanganyar Meninggal Suspek Covid-19 dan 22 Warga Meninggal Positif Terpapar Covid-19. Total Kasus Tembus 448, Jumlah Warga Meninggal Capai 90 Orang

Sementara, jumlah pasien PDP hari ini tanpa penambahan. Jumlah PDP yang dirawat tercatat sebanyak 13 orang seperti kemarin. Namun ada satu PDP yang meninggal dunia.

Dari total komulatif 31 PDP, 17 pasien di antaranya dinyatakan berhasil sembuh, 13 masih dirawat dan 1 meninggal dunia.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono petang tadi mengungkapkan ada dua warga yang dinyatakan positif terpapar virus corona (Covid-19).

Dua warga Karanganyar tersebut, masing-masing berasal dari Desa Paulan, Kecamatan Colomadu dan Desa Sewurejo, Kecamatan Mojogedang.

Warga Sewurejo yag dinyatakan positif  Covid-19 tersebut, merupakan rekan pasien dalam pengawasan (PDP) saat pulang dari kegiatan Ijtima’ Ulama di Gowa, dan meninggal di rumah sakit Moewardi, Jumat (10/4/2020) pagi tadi.

Baca Juga :  Masa Pandemi, Target Akseptor KB Karanganyar Baru 60 %. Bupati Minta Pasangan Muda Pakai Kontrasepsi, Dinas Akan Gerilya

“Selama ini kita telah berupaya secara maksimal untuk melakukan pencegahan Covid-19. Namun dalam perkembangan terakhir dan berdasarkan hasil laboratorium (swab), ada dua warga kita yang dinyatakan positif Covid-19,” papar bupati, Jumat (10/4/2020) sore.

Bupati mengungkapkan, untuk warga Sewurejo yang dinyatakan positif Covid-19, merupakan salah satu rekan yang meninggal dunia di RS Moewardi yang berstatus sebagai PDP.

Keduanya ikut rombongan Ijtima’ ulama ke Gowa dan kembali ke Karanganyar pada tanggal 25 maret 2020 lalu. Wardoyo