JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Catat, Segini Jumlah Penerima Sekaligus Anggaran BLTDD Tahap Pertama di Wonogiri

Ilustrasi Bantuan sosial pangan dari Pemprov Jateng. JSNews. Aris Arianto
   
Bantuan sosial pangan dari Pemprov Jateng. JSNews. Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Pada tahap pertama program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLTDD) di Wonogiri sudah rampung tersalurkan 100 persen.

Penyaluran di tahap pertama itu sudah selesai bahkan sebelum Lebaran kemarin. Penyaluran bantuan dilakukan secara serentak di 25 kecamatan di Wonogiri.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Wonogiri Zyqma Idatya Fitha, menyebutkan penerima manfaat BLT DD sebanyak 15.353 KK. Total anggaran yang disalurkan sebesar Rp 9.207.600.000.

Baca Juga :  Lebaran 2024 Telah Berlalu Saatnya Kembali ke Rutinitas, Bekerja dan Belajar Bolo

“Setiap penerima memperoleh bantuan sebesar Rp 600.000 yang disalurkan melalui virtual account bank. Bantuan diterimakan langsung secara tunai oleh desa bagi KK yang tidak memiliki NIK atau salah catat NIK,” kata dia, Rabu (27/5/2020).

Aada beberapa kategori penerima manfaat pada BLTDD. Dia menerangkan, antara lain keluarga miskin non-PKH dan BPNT yang kehilangan mata pencaharian dan atau tidak terdata dan atau ada anggota keluarga yang sakit kronis atau menahun. Pendataan dilakukan melalui RT dan ditetapkan dengan musyawarah desa.

Baca Juga :  Cara Membedakan Jalan Nasional Provinsi dan Kabupaten, Cukup Lihat Warnanya Saja

Hanya saja saat penyaluran bantuan respon pandemi COVID-19 itu ternyata masih ada kendala. Meliputi beberapa desa yang alokasi dana desa tahap pertama sudah dilaksanakan sehingga tidak mencukupi untuk dilakukan penyaluran dan harus menunggu dana desa tahap kedua. Juga ada beberapa desa, muncul persoalan terkait NIK yang tidak sesuai dengan NIK terekam di Sistem Informasi Administrasi Kependudukan. Aria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com