JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Mulai Hari Ini, Jam Buka Mall di Solo Diperpanjang dari Pukul 09.00 – 21.00, Ini Alasannya

Dok
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemkot Solo resmi memperpanjang jam operasional mall di tengah pandemi Corona saat ini. Jika sebelumnya jam operasional mall dan pusat perbelanjaan dipangkas menjadi pukul 10.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB, maka mulai Rabu (20/5/2020), jam operasional kembali diperpanjang mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo menuturkan, kebijakan tersebut “terpaksa” diambil setelah mendapati banyaknya masyarakat yang belanja mendekati Lebaran 2020. Untuk menghindari terjadinya penumpukan, maka jam operasional mall dan pusat perbelanjaan diperpanjang.

Baca Juga :  25 Mahasiswa PPDS UNS yang Bertugas di RS Dr Moewardi Solo Positif Covid-19, Kini Diisolasi di RS UNS

“Permintaan dari pengelola mall dan pusat perbelanjaan. Entah ini bertepatan dengan cairnya bantuan sosial tunai (BST) atau bagaimana, mall-mall dan pusat perbelanjaan mulai ramai. Kami tegaskan, tetap harus menerapkan protokol kesehatan,” urai Rudy, Selasa (19/5/2020).

Diakui Rudy, pihaknya tidak mampu mencegah atau memberi sanksi kepada masyarakat yang nekat berbelanja ke mall dan pusat perbelanjaan tersebut. Namun demikian, Pemkot Solo tetap berkomitmen untuk memutuskan rantai penyebaran virus korona.

Baca Juga :  Kasus Pencurian Uang Rp 19 Juta di Pasar Legi Solo, Polisi Sebar Video untuk Ungkap Pelaku

“Dipastikan yang masuk mall adalah warga yang belanja. Pengunjung dan karyawan mall wajib memakai masker dan cek suhu tubuh saat masuk area mall atau pusat perbelanjaan. Wajib juga jaga jarak,” tegasnya.

Untuk mengontrol perilaku warga saat belanja di mall, Rudy meminta pihak mall untuk memberdayakan petugas keamanan. Jika didapati pengunjung hanya sekedar nongkrong, bisa langsung diperingatkan untuk segera pulang. Prihatsari