JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Salut. Tarmin Petani Muda di Jatipurno Wonogiri ini Bagi-bagi Bibit Gratis untuk Warga Terdampak COVID-19

Warga memilih bibit yang dibagikan gratis di Jatipurno Wonogiri. Dok. Tarmin

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Seorang petani muda asal Kuryo, Kecamatan Jatipurno, Wonogiri, Tarmin tergerak hatinya melihat warga yang terdampak krisis akibat pandemi COVID-19. Dia memberikan bibit tanaman kepada warga secara gratis.

Bertempat di Kebun Bibit Griya Amanah Jl. Raya Jatipurno, Kecamatan Jatipurno, Wonogiri, Jawa Tengah ratusan bibit tanaman buah diserahkan kepada masyarakat yang terdampak COVID-19.  Adapun bibit tanaman buah yang dibagikan di antaranya, bibit alpukat, bibit pisang, bibit terong, dan lombok.

“Semoga tujuan kami memberikan bibit gratis ini, dapat terwujud sesuai harapan, di mana masyarakat kembali mau bertani, guna menjaga ketahanan pangan disaat Pandemi Virus Covid-19” ujar dia, Sabtu (9/5/2020).

Baca Juga :  Siapa Sebenarnya Ketua DPRD Wonogiri Pengganti Setyo Sukarno? Kalau PDIP Usulkan Sriyono Sang Ketua Komisi IV

Pria yang bekerja sebagai seorang guru SMK ini tidak sekali saja melakukan aksi sosial. Sebelumnya Tarmin membagikan  masker gratis untuk para tenaga medis dan relawan.

Kang Tarmin sapaannya mengatakan, tujuan dia memberi bibit gratis agar masyarakat memiliki sumber pangan berkelanjutan. Ini juga sebagai langkah agar masyarakat tidak hidup praktis  hanya mengandalkan bantuan dari pemerintah. Namun masyarakat bisa terjun ke sektor pertanian lagi dengan mengoptimalkan pemanfaatan lahan atau pekarangan kosong untuk mendukung ketahanan pangan.

Selain itu memperoleh berbagai keuntungan dari pekarangan dengan ditanami berbagai jenis tanaman untuk membantu memenuhi ketersediaan pangan bagi keluarga dan lingkungan sekitar. Sehingga kemampuan dan kekuatan pangan tercukupi disaat pandemi COVID-19 masih terjadi.

Baca Juga :  Luar Biasa Lur, DPMPTSP Wonogiri Sukses Raih Penghargaan Public Service of The Year 2020, Penyelenggaranya Markplus Bekerjasama Dengan Majalah Marketeers


“Tujuan kami memberikan bibit gratis ini untuk menstimulasi kemauan masyarakat untuk bertani lagi,  khususnya kaum muda. Mengingat banyak  kaum muda  yang mudik  ke Kecamatan Jatipurno,“ beber dia.

Menurut dia, sektor pertanian memiliki potensi besar untuk menjaga ketahanan pangan. Dengan adanya wabah ini justru pertanian harus makin digenjot karena masyarakat sangat membutuhkan panganan yang sehat. Sehingga dapat memberikan rasa aman akibat dampak pandemi. Aria