JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Tergoda Lihat Kunci Motor Masih Nyantol di Depan Kos, Mahasiswa Asal Kudus Nekat Gasar Motor di Semarang

Mahasiswa di sebuah kampus ternama di Kota Semarang, Hafidh Fahmi Furqon (20) diciduk Polsek Tembalang setelah nekat melakukan aksi pencurian sepeda motor di sebuah rumah kos di Tembalang. Tribunjateng/Istimewa

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Seorang mahasiswa dari kampus ternama di kota Semarang Hafidh Fahmi Furqon (20) mencuri sebuah sepeda motor di rumah kos yang beralamat di Jalan Turus Asri 3 Tembalang.

Curanmor tersebut bermula saat pemuda asal Kudus tersebut melihat sebuah Honda Beat warna putih yang terparkir di depan kos dengan dengan kunci masih tertancap, Kamis (30/4/2020) sekira pukul 21.00 WIB. Pelaku tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut, dan dengan mudahnya membawa kabur sepeda motor curiannya.

Pemuda asal Kudus tersebut dengan mudah dapat menggasak motor incarannya berupa Honda Beat warna putih bernopol T 2981 PB lantaran pemilik motor lupa mencabut kunci motor yang terparkir di depan kos, Kamis (30/4/2020) sekira pukul 21.00 WIB.

Namun nahas bagi Hafidh, gerak-gerik aksi pencuriannya tersebut terekam di kamera CCTV. Alhasil, hanya dalam hitungan jam mahasiswa yang memiliki beberapa koleksi piala di kamar kosnya ini berhasil diciduk oleh tim Alap-alap Unit Reskrim Polsek Tembalang.

Baca Juga :  Makam Ki Mandung dan Cermin Kehidupan Toleransi

Pelaku ditangkap di kamar kosnya di Rothermud Villa Mulawarman Kelurahan Jabungan Kecamatan Banyumanik.

“Betul ada kejadian pencurian sepeda motor dengan pelaku mahasiswa. Sesuai inturksi Kapolsek Tembalang Kompol Mas’ud kami bergerak cepat menangkap pelaku.

“Saat ini Pelaku dan barang bukti sudah di kantor Polsek Tembalang untuk dilakukan proses penyidikan selanjutnya,” terang Panit 2 Reskrim Polsek Tembalang Ipda Endro Soegijarto kepada Tribunjateng.com, Minggu (3/4/2020).

Dikatakan Endro, kronologi penangkapan bermula ketika pihaknya mendapatkan informasi dari masyarakat di daerah Jalan Turus Asri 3 Bulusan Tembalang Semarang telah terjadi perkara pencurian kendaraan bermotor.

Sepeda motor yang dicuri milik korban Mochamad Naufal (20) status mahasiswa asal Karawang Jawa Barat atau kos di daerah Kelurahan Bulusan Kecamatan Tembalang Kota Semarang.

Selanjutnya pihak kepolisian melakukan penyelidikan dengan meminta rekaman cctv dari tetangga korban untuk mendapatkan informasi yang akurat terkait ciri-ciri pelaku.

Baca Juga :  Pulang Hajatan dari Jakarta, Warga Padamara Positif Covid-19. Ada 16 Keluarga dan Tetangga Yang Terdeteksi Kontak Erat dan Diswab, Dikawal Ketat dari Polisi

Dari rekaman cctv dan keterangan para saksi, ternyata terbukti mengarah kepada pelaku.

“Kami lalu menangkap pelaku di kamar kosnya. Sebelumnya kami telah interograsi dan pemeriksaan terhadap pelaku. Dari tangannya kami berhasil menemukan kunci sepeda motor milik korban di dalam saku celana sebelah kiri yang dikenakan pelaku sehingga dia tidak bisa mengelak,” paparnya.

Dari tangan pelaku, Polisi juga menyita barang bukti lainnya berupa motor honda Beat milik korban senilai Rp 16 juta. Pakaian atau jaket milik pelaku yang dikenakan saat beraksi.

Endro menuturkan modus operandi pelaku yakni mengambil motor karena kunci motor masih menempel pada kendaraan.

“Terkait hal lain kini kami masih mendalaminya,” katanya.

Akibat perbuatan pelaku dijerat pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama lima tahun.

www.tribunnews.com